Jepang Punya Kereta Tercepat Dunia Berkecepatan 603 Km/Jam

Wuss, Jepang Punya Kereta Tercepat Dunia Berkecepatan 603 Km/Jam

Soal kereta cepat sekelas ‘Shinkansen’ di Jepang, Indonesia baru sekadar wacana. Sementara di Jepang, negara asal ‘Shinkansen’, sudah ada kereta cepat yang menembus rekor baru kecepatan di dunia.

Berbeda dengan Shinkansen, kereta cepat ini yang menggunakan teknologi maglev. Ini merupakan sistem magnet, sehingga mengambang di atas rel ini, kecepatannya menembus 603 km/jam. Kereta tercepat ini baru diuji coba di dekat Gunung Fuji.

Sebelumnya, kereta ini hanya mencapai 590 km/jam, dalam uji coba sebelumnya pada pekan lalu. Central Japan Railway (JR Central), selaku pemilik kereta cepat ini, akan menggunakan kereta ini untuk rute Tokyo dan Nagoya pada 2027. Menggunakan kereta secepat ini, Tokyo-Nagoya sejauh 280 km ditempuh hanya dengan waktu 40 menit.

Namun sayang, penumpang tidak akan merasakan pengalaman dengan kecepatan 603 km/jam, karena kereta ini akan hanya akan dioperasikan maksimum 505 km/jam. Kereta ini tetap lebih cepat dari Shinkansen yang saat ini 320 km/jam.

Dilansir dari BBC, Kamis (23/4/2015), konstruksi kereta ini akan menghabiskan US$ 100 miliar, atau sekitar Rp 13 triliun. Ada sejumlah terowongan yang dibangun untuk rute tersebut.

Targetnya, dengan jalur baru kereta cepat ini, pada 2045, waktu tempuh Tokyo-Osaka bisa dilakukan hanya 1 jam. “Makin cepat kereta ini lari, makin stabil pergerakannya,” kata Kepala Riset JR Central, Yasukazu Endo.

Jepang selama ini terkenal dengan Shinkansen, yang berlari di atas rel baja. Namun sekarang, Jepang mengembangkan teknologi maglev (magnetic levitation) yang diharapkan bisa dijual ke luar negeri.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s