Poin-Poin Harapan untuk Prabowo-Hatta

Indonesia, negara besar berpenduduk 246,9 juta jiwa. Kita semua memiliki cita-cita yang sama, membawa Indonesia bangkit dari keterpurukan. Saya yakin bahwa tiap masyarakat tentu tidak ingin hidup di dalam kesenjangan. Negara sebesar Indonesia tidak boleh melarat, tidak boleh bergantung pada tetangga (asing). Rakyat mendambakan sosok pemimpin yang mampu merubah wajah Indonesia menjadi bangsa yang besar, bukan bangsa yang lemah.

Kini kita patut bersyukur, memiliki seorang “ksatria” yang memiliki keikhlasan dan ketulusan penuh dalam pengabdian. Letnan Jenderal TNI (purn). H. Prabowo Subianto, panglima pembawa harapan. Dan, Ir. H. M. Hatta Rajasa, sosok yang bekerja nyata.

Dalam aspirasi yang saya berikan, sebagai pemuda Indonesia, akan memberi sejumlah poin-poin aspirasi yang saya harap akan dijalankan.

Pertama, saya berharap jika bapak terpilih, akan mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran, menaikkan standar hidup masyarakat, serta menghilangkan jurang antara yang kaya dan miskin. Sangat terlihat jelas di setiap daerah, masih banyak masyarakat yang hidup di dalam kemiskinan. Bahkan di domisili saya, pengemis dan anak-anaknya pun masih dapat anda jumpai di tengah-tengah kota.

Untuk itu, saya harap bapak dapat memberantas kemiskinan dengan mengimplementasikan amanat pada UUD 1945 pasal 34 ayat 2, dimana “Negara mengembangkan sistem jaringan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan“.

Kedua, saya berharap jika bapak terpilih, akan membangun pusat industri di tiap kabupaten dan kota. Misalnya dengan membangun pusat kawasan industri di tiap provinsi. Dengan cara ini, saya yakin kita tidak lagi mengimpor hasil industri, dan kita justru mengekspor ke luar negeri. Selain itu, dengan cara ini, insya allah angka kemiskinan dan pengangguran menurun.

Ketiga, saya berharap jika bapak terpilih, akan memprioritaskan APBN untuk dialokasikan ke sektor-sektor penting, seperti pertanian, perikanan, kelautan, kehutanan, industri kecil menengah, dan UMKM.

Saya berharap, bapak akan memberi modal berupa kredit usaha rakyat (KUR) bagi para petani, nelayan, dan pelaku usaha industri kecil menengah & UMKM. Dengan cara ini, saya yakin bahwa sektor-sektor tersebut akan mengalami kemajuan. Produktivitas pertanian akan lancar, hasil kelautan dan perikanan akan surplus, dan industri kita dapat bersaing di dalam persaingan global.

Keempat, saya berharap jika bapak terpilih, bapak akan melindungi pasar tradisional. Jangan sampai pasar tradisional tergusur seiring marak terjadi pembangunan pasar modern dan pusat perbelanjaan modern (mall).

Ini fakta. Di domisili saya, pasar tradisional terkesan kumuh dan jorok. Orang-orang terkesan sudah tidak ingin lagi berbelanja di pasar tradisional. Orang-orang kebanyakan berbelanja di supermarket karena bersih dan higienis.

Harapan saya, bapak akan melakukan modernisasi dan mengembangkan pasar tradisional. Pembenahan dilakukan agar pasar tradisional kembali hidup, dan pengunjung menjadi lebih bersahabat dengan kondisi pasar yang bersih.

Kelima, saya berharap jika bapak terpilih, akan menyukseskan swasembada pangan. Yaitu dengan cara mencetak lahan produktif dan siap tanam. Saya mengeleng-geleng kepala, ketika melihat banyak lahan di desa-desa yang dibiarkan begitu saja, tanpa diproduktif-kan.

Selain itu, harapan saya, pemerintah nantinya akan membangun industri pengolahan hasil pertanian dan hasil laut di tiap kabupaten dan kota. Maka, insya allah kita tidak lagi menikmati makanan impor, namun justru kita yang akan mengekspor.

Keenam, saya berharap jika bapak terpilih, akan mengurangi ketergantungan akan bahan bakar minyak. Saya sangat prihatin dan kecewa, Indonesia selalu mengimpor BBM dari negara lain. Dan tidak habis pikir, ketika kita juga mengimpor dari negara kecil seperti Andorra sebanyak 7,7 ribu ton. Mengingat juga harga BBM per barel semakin meningkat dan bahan bakar fosil (BBM) tidak dapat diperbaharui dan lama kelamaan habis.

Kita harus menggalakkan produksi sumber bahan bakar potensial seperti bahan bakar nabati (BBN). Sumber potensial yang dapat digunakan sebagai bahan bakar nabati adalah aren, bunga matahari, jarak pagar, kelapa, kemiri sunan, kesambi, nyamplung, sagu, simalakian, dan wijen.

Selain itu, kita juga harus meningkatkan dan mengoptimalkan bahan bakar bioetanol. Kita memiliki sagu yang sangat berpotensi sebagai sumber bioetanol, mengingat luas areal sagu di RI adalah 60% areal sagu dunia. Kita juga memiliki sumber lainnya seperti lontar dan tebu.

Maka harapan saya, pemerintah harus membangun kawasan perkebunan sumber BBN dan bioetanol di tiap provinsi. Karena pada faktanya, sumber-sumber potensial tersebut belum dimanfaatkan secara optimal, hal ini ditandai dengan banyak tanaman sumber BBN & bioetanol yang layak panen tetapi tidak dipanen akhirnya rusak.

Ketujuh, saya berharap jika bapak terpilih, akan mengatasi krisis listrik di sejumlah daerah di Indonesia. Saya dan seluruh masyarakat, kini resah dengan seringnya pemadaman listrik. Di zaman globalisasi, masyarakat kini membutuhkan listrik untuk menjalani segala aktivitas.

Saya berharap, pemerintah akan membangun pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB), pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTB), dan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) dengan kapasitas yang besar dan dapat menyediakan listrik di seluruh nusantara. Maka kita optimis, insya allah Indonesia akan melewati krisis listrik.

Saya adalah salah satu dari jutaan masyarakat yang sering merasakan pemadaman listrik bergilir. Saya resah akan pemadaman ini, karena beberapa aktivitas saya jadi terhambat. Di Sulawesi Tengah, kini sedang ada pembangunan PLTA Sulewana yang kebetulan milik calon wakil presiden nomor urut 2, H. M. Jusuf Kalla. Saya pernah membaca berita yang menyebutkan Listrik dari PLTA Sulewana segera masuk ke daerah saya (Kota Palu) tahun 2012. (Baca : http://www.jpnn.com/read/2011/12/26/112333/2012,-Listrik-Sulewana-Masuk-Palu). Namun faktanya, hingga kini masih sering terjadi pemadaman listrik.

Kedelapan, saya berharap jika bapak terpilih, akan melaksanakan pendidikan Pancasila, kebangsaan dan budi pekerti, di seluruh sekolah mulai dari PAUD hingga Sekolah Menengah Atas. Hal ini sangat penting, mengingat banyak masyarakat di kehidupan modern yang terlihat mulai meninggalkan kehidupan ber-Pancasila.

Seperti contoh, anak-anak zaman sekarang mulai sulit diatur. Itu dikarenakan oleh kesalahan dalam pergaulan dan juga pengaruh budaya luar. Anak-anak mulai meninggalkan kewajibannya dan mendekati yang berbahaya. Fakta, mulai marak terjadinya bentrok antar pelajar, siswa SD membunuh temannya, mencuri, menghirup lem fox yang menyebabkan sakau, pacaran lewat batas antar sesama pelajar, pelajar mengkomsumsi minuman keras (miras), bahkan ada yang berhubungan seks.

Selain itu, generasi harapan bangsa yang diharapkan selalu mencintai budaya dan kearifan lokal di Indonesia, justru malah menhargai budaya-budaya luar negeri, mereka lebih bangga akan seni budaya luar.

Maka dari itu, penerapan pendidikan Pancasila, kebangsaan, dan budi pekerti sangat diperlukan. Agar generasi masa depan kita lebih mengenali sejak dini mengenai kehidupan berPancasila, berbangsa, dan menerapkan sikap berbudi pekerti.

Kesembilan, saya berharap jika bapak terpilih, akan menggratiskan biaya pendidikan selama periode wajib belajar 12 tahun (mulai dari SD hingga SMA). Selain itu, saya harap pemerintah juga memperhatikan pendidikan di daerah-daerah pedesaan, terpencil & pedalaman, agar dapat bersaing dengan sekolah-sekolah di daerah perkotaan.

Selain itu, saya harap negara memberikan atensi besar kepada guru dan tenaga pendidik lainnya. Harapan saya adalah melakukan peningkatan kesejahteraan guru dengan menaikkan gaji guru tiap tahunnya. Selain itu, pemerintah mengangkat guru-guru honorer yang berjumlah 900 ribu, menjadi pegawai negeri sipil.

Nah, saya agak kurang setuju dengan salah satu visi misi anda, yang mengatakan bahwa akan merekrut 800 ribu guru selama 5 tahun. Menurut data yang saya peroleh, guru sekolah negeri maupun swasta di Indonesia mencapai angka 2,92 juta orang. Rasio antara guru dan murid adalah 1 : 14, artinya 1 guru mengajar 14 murid. Ini artinya ada kelebihan jumlah guru di Indonesia.

Saya sarankan, pemerintah kedepannya melakukan pemerataan guru di tiap-tiap daerah. Karena, dari data yang diperoleh, dari total 2,92 juta tersebut, 76% diantaranya menumpuk di daerah perkotaan. Ini mengakibatkan, sekolah di perkotaan alami kelebihan guru, sedangkan di pedesaan justru kekurangan guru.

Kesepuluh, saya harap jika anda terpilih, akan memperbaiki kualitas sekolah, baik dari fasilitas, sarana prasarana, maupun akses menuju sekolah. Saya harap, bapak akan memprioritaskan minimal 20% APBN untuk sektor pendidikan, juga ada pengalokasian dana untuk tiap sekolah yang dipakai guna pengembangan sekolah. Selain itu, saya harap seluruh sekolah di Indonesia akan menikmati akses digital yaitu penyediaan sarana elektronik berupa komputer.

Kesebelas, saya harap jika anda terpilih, akan membangun sekolah kejuruan, sekolah perikanan, sekolah pertanian, dan sekolah perbidangan lainnya, di tiap kabupaten/kota. Ini dilakukan agar tiap daerah dapat mencetak lulusan-lulusan unggul dalam bidangnya. Sehingga, suatu daerah tidak bergantung pada lulusan luar daerah.

Keduabelas, saya harap jika anda terpilih, akan melanjutkan program jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan, dan tidak mengganti ataupun mengubah konsep jaminan sosial yang telah ada. Ini sesuai amanat UUD 1945 pasal 34.

Saya harap, ada perbaikan kualitas kesehatan yang merata di tiap daerah. Fasilitas kesehatan harus menunjang, persebaran tenaga medis dan dokter harus merata di tiap kelurahan/desa, tiap desa/kelurahan wajib memiliki satu pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), obat-obatan di tiap puskesmas dan rumah sakit harus GRATIS (tanpa dipungut biaya) bagi warga yang kurang mampu, harus ada ambulance di tiap puskesmas, dan sarana-prasarana harus lengkap & layak pakai.

Tak lupa pula, saya berharap, kesejahteraan dokter, tenaga medis, mantri kesehatan,dan penyuluh harus diperhatikan. Kehidupan mereka harus layak, dikarenakan pengabdian mereka yang cukup berat.

Nah, saya juga meminta kepada bapak, bahwa jangan memperberat calon-calon dokter kita untuk membayar biaya kuliah kedokteran dengan sangat mahal. Jangan jadikan orang tua kita dibebankan biaya sebesar itu, jangan membuat orang tua kita rela menjual tanah, kendaraan, dan/atau sawah, hanya untuk membiayai kuliah.

Ketigabelas, saya berharap jika bapak terpilih, bapak perlu memperhatikan amanat UUD yang tercantum pada pasal 34 ayat 1 dimana fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

Sebagai kepala negara, bapak Prabowo dan bung Hatta wajib memberi jaminan sosial untuk mereka. Selain itu, saya harap pemerintah akan membangun panti sosial di tiap kabupaten/kota. Di panti sosial, para fakir miskin harus diberi pendidikan keterampilan dan pelatihan khusus. Setelah mereka terampil, mereka ditempatkan sebagai pekerja di lokasi-lokasi industri, sesuai keahliannya.

Untuk anak-anak terlantar, wajib diberi pendidikan seperti anak-anak pada umumnya. Mereka diberi pendidikan baik secara teori maupun secara pemulihan psikologis.

Khusus untuk penyandang cacat, mereka juga wajib ditempatkan di panti tuna grahita. Mereka harus diberi hak yang sama seperti masyarakat pada umumnya. Harus ada pengembangan potensi, bakat dan keterampilan yang digemari, agar mereka juga dapat mengharumkan nama bangsa.

Keempatbelas, saya harap jika bapak terpilih, akan melindungi, melestarikan, serta memajukan kebudayaan nasional.Di tengah peradaban dunia, pemerintah kedepannya harus menjamin kebebasan masyarakat dalam pengembangan budaya. Itu sesuai amanat pasal 32 ayat 1 UUD 1945.

Kami cukup resah ketika Batik kebanggaan kita semua diklaim asing, Reog Ponorogo kita diklaim asing, Tari Tor Tor kebanggaan Sumatera Utara diklaim asing, Rendang anugerah lezat ala Minangkabau diklaim asing, Rasa Sayange kemerduan Maluku diklaim asing. Kami tak tega, kami geram, kami kecewa, kami resah, kami tak menyangka, kami marah ketika satu persatu kebudayaan kita diklaim oleh asing.

Kami ingin ada ketegasan seorang pemimpin. Kami tak ingin pemimpin hanya tinggal diam. Maka saya percaya Pak Prabowo dan Bung Hatta lah yang tepat dan tegas dalam menangani masalah seperti ini.

Kelimabelas, saya harap jika bapak terpilih, akan membangun jalan raya di perkotaan dan utamanya di pedesaan. Jalanan yang berlubang dan tidak layak untuk dilalui, saya harap akan diperbaiki. Pentingnya membangun jalan di pedesaan adalah sebagai sarana akses untuk aktivitas warga sehari-hari. Karena pada nyatanya, masih banyak pedesaan yang terisolir dan terganggu aktivitasnya karena jalan yang tidak layak maupun akses transportasi yang sangat sulit.

Selain itu, saya harap pemerintahan bapak akan segera membangun jembatan baru di tiap desa. Jembatan juga memiliki fungsi sama seperti jalan, yaitu sebagai jalur aktivitas sehari-hari dan sebagai jalur transportasi. Saya prihatin dengan kondisi jembatan di salah satu desa di Kabupaten Lebak, jembatan gantung yang hampir roboh, dibiarkan bertahun-tahun tanpa perbaikan, dan masyarakat termasuk anak sekolah tiap harinya terpaksa melewati jembatan itu meski nyawa taruhannya. Dan lebih parahnya, media internasional pernah memberitakan soal jembatan ini. (Baca : http://www.thesun.co.uk/sol/homepage/news/4630118/kids-make-indiana-jones-style-trek-to-school.html)

Keenambelas, saya harap jika bapak terpilih, akan membangun jalur kereta api di Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Pulau Papua. Jalur kereta api sangat penting mengingat roda aktivitas masyarakat di daerah tersebut makin berkembang, dan banyaknya kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi antar provinsi.

Hal ini juga saya anggap mempermudah pengangkutan & distribusi barang (kargo) dan bahan logistik ke daerah-daerah. Karena kita jangan hanya bergantung pada distribusi lewat jalur laut, mengingat distribusi jalur laut melalui kapal juga kadang memiliki hambatan.

Ketujuhbelas, saya harap jika bapak terpilih, akan mempertimbangkan untuk melakukan pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke daerah lain. Meskipun begitu, Jakarta tetap menjadi pusat ekonomi nasional.

Mengapa harus dipindahkan? Saat ini Jakarta menyimpan begitu banyak problema. Mulai dari masalah banjir, sanitasi, kemacetan, hingga populasi yang tak terkendali. Selain itu, jarak antara ibukota negara (Jakarta) dan daerah kawasan timur Indonesia terbilang jauh.

Usulan saya, ibukota negara di tempatkan di Pulau Kalimantan. Misalnya di Banjarmasin atau Palangkaraya. Kota-kota besar di Kalimantan menjadi pertimbangan untuk menjadi Ibukota karena letaknya yang tepat berada di antara bagian barat dan bagian timur Indonesia. Menurut saya, ini membuat segala urusan pemerintahan dan administrasi negara menjadi lebih mudah.

Kedelapanbelas, saya harap jika bapak terpilih, berkomitmen untuk menegakkan keadilan tanpa pandang bulu, juga memberantas tindak kriminal yang merugikan, memberantas bibit-bibit terorisme, serta memberantas tindak pidana korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Yang menjadi perhatian adalah penegakan hukum yang masih terbilang lemah. Hukum seakan-akan milik orang berduit. Keadilan seakan-akan hanya milik orang terpandang. Ironis ketika melihat seorang nenek tua divonis penjara hanya karena mengambil 3 buah kakao. Tak tega ketika melihat tanah milik seorang nenek tua di salah satu kota besar, diserobot oleh seorang pengusaha minoritas.

Yang juga harus diperhatikan adalah masalah terorisme yang masih mengancam negeri ini. Khususnya adalah penumpasan terorisme di tanah Poso, Sulawesi Tengah. Anda tentu tahu kelompok Santoso. Mereka masih ada, mereka masih eksis, mereka masih hidup. Mengapa mereka masih ada? Ini karena tiadanya perlawanan aparat untuk menumpas kejahatan ini.

Korupsi, kolusi, & nepotisme masih merajalela. Menggerogoti kekayaan negara, menelan sendiri uang milik rakyat, merugikan negara yang kita cintai. Perlu adanya hukuman yang besar untuk pelaku KKN. Saya harap bapak Prabowo dan bung Hatta akan menerapkan minimal 25 tahun penjara bagi pelaku KKN. Berikan efek jera bagi mereka. Kalau perlu, miskinkan mereka dan keluarga mereka, berikan mereka kehidupan yang melarat seperti saudara-saudara kita yang masih hidup sengsara.

Bagaimana cara memberantas KKN dan tindak kriminal lainnya? Ya tentunya lewat pendidikan sejak dini. Saya mengusulkan agar pendidikan anti korupsi dan pendidikan budi pekerti dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah.

Kesembilanbelas, saya berharap jika anda terpilih, anda akan merevisi peraturan-peraturan yang berpotensi melanggar hak asasi dan kebebasan anak-anak, wanita, masyarakat tribal, serta penyandang cacat.

Selain itu, saya berharap bapak Prabowo dan bung Hatta juga akan menjamin pemenuhan hak anak-anak, hak perempuan, hak masyarakat tribal, dan hak penyandang disabilitas. Selain itu, saya harap bapak akan memperhatikan penanganan kasus keadatan, kasus pelecehan anak dan wanita, serta memperhatikan kondisi penyandang cacat.

Keduapuluh, saya berharap jika bapak terpilih, akan meningkatkan efektifitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Anda tahu kalau kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat, ini patut disyukuri karena sangat memungkinkan pelayanan publik terlaksana secara optimal.

Anda pasti tahu bahwa kepala daerah adalah perwakilan pemerintah pusat di daerah. Namun, ada suatu kendala ketika program dan kebijakan pemerintah pusat nampaknya sulit untuk dilakukan di daerah. Maka dari itu, efektivitas antar pemerintah saya harap dapat ditingkatkan dan dioptimalkan.

Keduapuluhsatu, saya berharap jika bapak terpilih, akan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI dan Polri. Mengapa? Karena kesejahteraan adalah poin penting untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI dan Polri.

Selain itu, Alutsista TNI dan Polri seperti diketahui semakin termakan usia. Maka dari itu, modernisasi wajib dilakukan. Ganti yang usang dengan yang baru. Ini dilakukan agar kemampuan aparat TNI dan Polri dalam menangani masalah keamanan dan pertahanan menjadi tinggi. Sehingga, insya allah Indonesia bebas ancaman kedaulatan.

Keduapuluhdua, saya memohon kepada bapak. Mohon berikan kesempatan seluas-luasnya kepada putra-putri terbaik bangsa untuk dapat bekerja bersama dalam kabinet bapak. Saya berharap, setidaknya minimal 50% menteri adalah berasal dari kalangan profesional/pakar/akademisi/praktisi/kalangan non-partai.

Kita lihat saja kondisi saat ini. Menteri yang berasal dari partai politik, beberapa dari mereka salah tempat. Akhirnya, ada kesalahan kebijakan. Fungsi lembaga pemerintah tersebut tidak terlaksana dan terstruktur. Kelemahan pengawasan yang berakibat munculnya kesempatan untuk melakukan KKN. Rakyat trauma, pak! Rakyat tak ingin ini terjadi lagi! Saatnya yang pantas yang bekerja!.

Keduapuluhtiga. Saya berharap jika bapak terpilih, akan melakukan penanggulangan terhadap kerusakan lingkungan, akan berkomitmen menjaga kelestarian sumber daya alam, dan menjaga kesinambungan antara ketersediaan sumber daya alam terhadap aktivitas perekonomian.

Misalnya, pemerintah saya harap akan melakukan pencanangan penanaman pohon di daerah perbukitan, pegunungan, dan daerah dataran tinggi. Atau menanam tanaman bakau di sepanjang lautan seluruh Indonesia, guna mencegah abrasi.

Saya harap bapak akan melakukan pembangunan daerah yang bersifat ramah lingkungan agar dapat menekan dampak-dampak dari ancaman perubahan iklim global. Saya menyarankan agar ini dilakukan, dengan cara mengurangi emisi karbon yang terdapat di segala sektor termasuk kelautan, energi, hingga pertanian.

Saya juga meminta kepada bapak agar pemerintah nantinya akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat maupun pelaku usaha untuk berperan serta dan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Ini dilakukan agar terjaminnya pembangunan berkelanjutan di tiap-tiap daerah.

Keduapuluhempat. Guna menghemat anggaran negara dan anggaran daerah, maka saya menyarankan bahwa melakukan revisi terhadap regulasi terkait Pemilihan Umum maupun Pemilihan Kepala Daerah.

Saya menyarankan agar pemilihan presiden maupun pemilihan kepala daerah hanya dilakukan satu putaran/satu kali. Tidak usah lagi memakai aturan yang menegaskan jika tidak mencapai batas suara yang ditentukan, maka akan berlangsung putaran selanjutnya.Ini terkesan pemborosan anggaran.

Anggaran yang dapat digunakan untuk pembangunan daerah, terbuang sia-sia hanya untuk anggaran tambahan pada pemilihan kepala daerah. Di pemilihan tingkat kabupaten/kota saja, anggaran bisa mencapai ratusan miliar! Itu fantastis. Apalagi di tingkat lebih tinggi, bisa mencapai triliunan.

Keduapuluhlima.  Saya berharap bapak akan melakukan program-program dalam penanggulangan angka kematian ibu dan anak, pengentasan laju pertumbuhan angka kelahiran, serta dalam rangka pemberantasan wabah penyakit.

Menurut data yang saya peroleh, angka kematian ibu meningkat setiap tahunnya. Di tahun 2013, angka kematian ibu mencapai 5.019 jiwa. Hal tersebut kebanyakan disebabkan saat ibu mengalami kehamilan dan persalinan. Hal tersebut terjadi karena faktor-faktor seperti pernikahan dini. Inilah tugas pemerintah yang diharapkan bahwa pak Prabowo dan bung Hatta bisa menekan angka kematian ibu.

Selain itu, laju pertumbuhan angka kelahiran yang tak terkendali. Perlunya sosialisasi dari desa ke desa mengenai bahaya pernikahan dini. Pernikahan dini menjadi persoalan yang menyebabkan ledakan penduduk. Maka dari itu, saya harap pemerintah melanjutkan dan menguatkan program Keluarga Berencana (KB) sebagai solusi masalah ini.

Pemberantasan wabah penyakit menular seperti flu burung (avian influenza/H5N1), HIV/AIDS, dan lain sebagainya. Perlu adanya sistem berupa peringatan terhadap penularan penyakit tersebut, misalnya himbauan resmi di media massa. Selain itu, perlunya tindakan pemerintah untuk menghindari kepanikan masyarakat dengan mensosialisasikan cara menghindari penyakit tersebut.

Keduapuluhenam. Nah. Ini juga sangat perlu diperhatikan oleh pemerintah kedepannya! Masyarakat termasuk saya juga begitu resah dengan adanya tindakan malpraktik. Dari tahun 2006-2012, terjadi 182 kasus. Ini terjadi karena dua kemungkinan, 1) Si dokter ingin membutuhkan uang banyak , atau 2) Si dokter tidak memahami dan menguasai penuh tentang ilmu kedokteran. Ini yang harus dihilangi. Maka tindakan pemerintah nantinya saya harap akan meningkatkan kesejahteraan dokter dan melakukan pendidikan, pelatihan dan pengembangan skill kedokteran.

Saya harap pemerintah dapat memberantas tindakan malpraktik baik di klinik maupun rumah sakit. Hal ini dilakukan dengan pencabutan izin praktek dokter bagi sang pelaku, juga memberi sanksi berupa hukuman penjara dan denda tunai.

Keduapuluhtujuh. Saya harap Pak Prabowo dan Bung Hatta akan bersifat transparan. Yaitu dengan mempublikasikan penerimaan gaji tiap bulannya di media elektronik maupun di sosial media. Agar semua masyarakat tahu dan dapat membandingkan antara gaji presiden/wakil presiden dan besar tugas yang diemban.

Keduapuluhdelapan. Saya harap Pak Prabowo dan Bung Hatta, setelah terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, ataupun jika tidak terpilih, akan tetap eksis di sosial media dan aktif menyapa serta menanggapi pertanyaan-pertanyaan masyarakat.

Saya melihat dan terus memantau di sosial media, ternyata ada yang tiba-tiba eksis di sosial media saat ia lagi mencalonkan diri. Nah, yang saya khawatirkan adalah setelah ia terpilih, dia tak akan nampak lagi di dunia maya.

Tapi saya percaya, pak Prabowo dan bung Hatta bisa melanjutkan eksistensi di dunia maya. Dan saya berharap seperti itu.

Keduapuluhsembilan. Saya menaruh harapan yang sangat besar kepada Bapak Prabowo Subianto dan Bung Hatta Rajasa. Mohon pemerintah kedepannya melakukan pengangkatan tenaga honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil. Ibu saya adalah salah satu dari ratusan ribu guru honorer di Indonesia. Ibu saya telah mengabdi sebagai pengajar hampir 8 tahun.

Tentunya kita sudah menaruh banyak harapan, agar bisa terangkat secepatnya. Namun saya memberi saran agar pemerintah tidak mempersulit langkah-langkah dan syarat-syarat untuk pengangkatan PNS. Dan saya juga ingin, pemerintah memiliki tindakan tegas atas oknum-oknum yang meminta uang dengan jumlah besar, dengan iming-iming akan diberi kemudahan proses dalam pengangkatan PNS.

Selain itu, gaji tenaga honorer mohon diseimbangkan dengan besar tanggungjawabnya. Kadang, kita pernah mendapatkan fenomena dimana seorang honorer memiliki tanggungjawab lebih besar dibandingkan seorang PNS. Nah, tentunya saya harap gaji honorer harus diperhatikan dan harus dinaikkan. Faktanya, guru-guru honorer kita yang berada di wilayah pedalaman, ada yang harus menerima gaji tiap 3 bulan, atau ada yang menerima gaji 250 ribu per bulan. Ini tak manusiawi! Saya berharap pada pasangan Prabowo-Hatta untuk memperjuangkan hak honorer.

Penutup. Sebagai penutup, saya memberikan dukungan penuh terhadap bapak Prabowo Subianto dan bung Hatta Rajasa. Kiranya, jika bapak terpilih untuk mengemban amanah rakyat, akan mengerahkan seluruh tenaga dan jiwa raga untuk membangun Indonesia. Kita raih dan wujudkan cita-cita bangsa yang telah tertuang dalam UUD 1945. Terima kasih. Wassalam. Salam Indonesia Bangkit!

#PrabowoHatta #SelamatkanIndonesia #IndonesiaSatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s