Kisah Korban Penculikan Boko Haram Dibantu Kabur Teroris

Gadis-gadis korban penculikan Boko Haram di Nigeria

Lebih dari 200 anak gadis di Nigeria diculik oleh kelompok teroris Boko Haram, sekitar 50 orang di antara mereka berhasil melarikan diri. Seorang gadis korban penculikan mengaku berhasil kabur atas bantuan seorang anggota Boko Haram.

Diberitakan News.com.au, gadis bernama Amina Tsawur, 17, ini diculik bersama dengan ratusan kawan sekelasnya di Borno, wilayah utara Nigeria. Dia lantas dibawa ke suatu tempat, melalui sebuah hutan.

Seorang anggota Boko Haram, kata dia, menyuruhnya untuk berpisah dari rombongan lainnya. Pria itu mengatakan, agar Amina beralasan ingin buang air. Amina menuruti kata-kata dia, lalu berlari kencang ke dalam hutan yang dipenuhi ular.

Dia berhasil mencapai kota Damboa di pinggir hutan, sekitar 50 mil dari Maiduguri, ibukota Borno. Amina adalah satu dari sekitar 50 gadis yang berhasil kabur setelah diculik 14 April lalu.

Amina mengatakan, dia dan kawan-kawannya diculik pukul 11 malam, Senin pertengahan bulan lalu. Dia mengaku sangat ketakutan saat pria-pria berseragam loreng menghampiri mereka. Awalnya, dia mengira itu adalah tentara yang ingin menyelamatkan mereka.

Tapi saat dimasukkan ke dalam truk, barulah Amina tahu itu adalah gerombolan Boko Haram. “Kami mulai menangis dan memohon pertolongan, tapi mereka meminta kami diam atau ditembak,” kata Amina.

“Mereka lalu membawa kami ke daerah gurun dan berkendara sepanjang malam dan pagi harinya juga. Saat sampai di suatu tempat, mereka meminta kami memasak, yang lainnya mencuci piring, mengupas jagung dan sayuran lain,” kata Amina.

Boko Haram dalam video terbarunya meminta agar pemerintah Nigeria membebaskan tahanan untuk ditukar dengan para gadis. Pemerintah Nigeria menolaknya.

Ahli terorisme Robin Horsfall, veteran pasukan khusus SAS Inggris yang menyerbu Kedutaan Besar Iran tahun 1980, mengatakan bahwa Amina adalah aset berharga untuk menemukan Boko Haram. Maka dari itu, Amina harus dijaga ketat.

“Dia hafal wajah-wajah mereka, bahasa, suku, arah pergerakan, kendaraan dan banyak informasi vital lainnya yang bisa dibagi ke tentara Nigeria,” kata Horsfall.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s