Tips buat motor matic lebih irit

Tips buat motor matic lebih irit

Motor matic memang relatif lebih boros jika dibandingkan dengan motor bebek. Pemborosan bensin tersebut dikarenakan oleh jumlah gear yang memang lebih banyak daripada motor bebek.

Motor bebek yang memiliki persneling dapat mengatur laju RPM (Rotasi Per Menit) dan memungkinkannya untuk menghemat bahan bakar. Berbeda dengan motor matic yang tidak memiliki persneling sehingga akan sulit untuk menghemat baban bakar melalui pergantian gear tersebut.

Namun jangan khawatir, pemborosan bahan bakar oleh motor matic sebenarnya masih dapat diminimalisir. Salah satunya adalah dengan membersihkan karburator secara rutin. Komponen yang bertanggung jawab atas udara yang masuk pada ruang bakar ini akan ikut mengatur boros tidaknya motor matic Anda.

Selain itu, mengendarai motor dengan kecepatan stabil juga akan membantu penghematan bahan bakar. Jika sering memainkan gas alias main kebut dan rem, jelas bahan bakar akan lebih cepat habis. Karena bensin yang dibutuhkan saat menarik gas dengan kencang untuk akselerasi (ngebut) lebih besar.

Pilihlah oli yang cocok dengan mesin motor Anda. Pergesekan mesin yang tinggi gara-gara oli yang tidak cocok akan membuat mesin panas dan gas lebih berat. Kalau hal tersebut terjadi, tentu bahan bakar juga akan semakin boros.

SUMBER : Otosia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s