Moai, patung raksasa misterius yang menjaga Pulau Paskah

Moai, patung raksasa misterius yang menjaga Pulau Paskah

Pulau Paskah yang terletak di Chili, tepatnya di bagian selatan Samudera Pasifik merupakan salah satu pulau paling misterius di seluruh dunia. Pulau ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Apa yang menjadikannya misterius sekaligus istimewa? Mungkin ada sudah pernah mendengar kalau di pesisir pulau yang berbentuk segitiga ini berdiri ratusan patung raksasa berusia sekitar 400 tahun yang disebut moai. Moai merupakan patung manusia berjenis monolitis. Artinya dipahat dari satu buah batu saja. Tetapi ada juga moai yang terdiri dari dua buah batu pahat yang menyusun bagian tubuh dan kepalanya.

Kurang lebih ada 600 moai yang tersebar di seluruh Pulau Paskah. Kebanyakan dibuat dari batu karang vulkanik yang mudah ditemui di daerah Rano Raraku. Di Rano Raraku juga terdapat sekitar 400 patung moai yang tidak terselesaikan atau hancur. Patung-patung tersebut tampaknya tiba-tiba ditinggalkan begitu saja oleh para pembuatnya. Sampai sekarang tak diketahui apa penyebab patung-patung berwajah sedih tersebut ditinggalkan dalam kondisi demikian.

e3234

Ada dugaan kalau Pulau Paskah dulunya pusat dari peradaban Mu yang konon sudah sangat tinggi namun hancur karena bencana alam yang tiba-tiba melanda pulau tersebut. Ada juga yang berspekulasi bahwa moai dibangun oleh masyarakat kelas bawah untuk menghormati kelas atas. Penduduk kelas bawah tersebut kemudian memberontak dan terjadilah perang besar antara kedua golongan yang kemudian menghancurkan peradaban Pulau Paskah. Pendapat ini dikuatkan dengan penemuan beberapa peneliti yang baru-baru ini mendapati sisa-sisa senjata seperti mata panah dan pisau di gua-gua tersembunyi Pulau Paskah.

iou

Lalu apa sebenarnya arti dari moai sendiri? Sampai sekarang hal ini juga menjadi misteri bagi para arkeolog. Tak ada yang tahu apa arti dari kata moai, atau apa fungsi dari patung-patung tersebut. Pada beberapa moai ditemui huruf-huruf hieroglif yang mungkin memuat penjelasan mengenai patung-patung tersebut beserta penduduk Pulau Paskah yang membuatnya. Tetapi sampai sekarang belum ada arkeolog yang berhasil membacanya.

Ada sebuah legenda menarik mengenai moai. Seperti dilansir dari Wikipedia, konon patung-patung ini adalah penjaga pulau, penanda letak kuburan dari setiap kepala suku. Penduduk Pulau Paskah percaya kalau moai-moai tersebut sengaja dibangun di seluruh pulau untuk menangkap mana, kekuatan gaib mendiang kepala suku agar pulau mereka selalu dilimpahi berkah berupa hujan, tanah yang subur, dan panen yang berlimpah.

rew

Yang juga menjadi misteri bagi para arkeolog adalah bagaimana cara para pembuat moai mengangkut patung monolit yang sangat besar dan berat itu. Batu karang pembuat moai hanya bisa ditemui di Rano Raraku, tetapi patung tersebut berdiri di seluruh bagian pulau. Padahal tidak ditemui sisa-sisa alat angkut atau pengerek di seluruh pulau.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s