Istana Takeda, Negeri di Atas Awan

https://i0.wp.com/wakuwakubox.com/wp-content/uploads/2013/12/014.jpg

Di balik rerimbunan pohon hijau yang berselimut awan, terdapat sisa-sisa bangunan yang masih berdiri kokoh. Di sekitarnya, terhampar bentangan langit biru laksana permadani.

Bangunan itu menggambarkan dengan sempurna bayangan soal negeri di atas awan. Gulungan putih yang tersibak embusan angin, seolah menjadi gerbang bangunan yang rupawan itu.

Istana Takeda di Prefektur Hogo, distrik Wadayamacho, Jepang itu memang dijuluki Machu Picchu of Japan. Machu Picchu merupakan sebutan untuk istana di atas awan yang berada di Amerika Latin.

Istana Takeda terletak di puncak Gunung Wadayamacho, Hyogo, yang tingginya mencapai seribu kaki. Jika berkunjung saat musim gugur, September hingga November, pemandangannya amat menakjubkan.

Terutama, saat matahari terbit. Kabut tebal akan tampak menggantung di atas langit, membuat mentari yang berwarna oranye bulat bagai mengambang di antara awan.

Istana Takeda sendiri dibangun oleh Raja Daimyo yang berasal dari klan samurai Yamana, pada tahun 1443. Setelah berganti kepemilikan beberapa kali, ia dikuasai Hirohide Akamatsu tahun 1600.

Hirohide adalah prajurit yang berjuang untuk menguasai Tokugawa selama perang Sekigahara.

Sayang, masa kepemimpinan Hirohide harus berakhir dengan ritual bunuh diri alias harakiri yang diberlakukan oleh para samurai di Jepang. Setelah kematiannya, Istana Takeda kosong tak berpenghuni.

Istana Takeda pun terlupakan. Hingga pada tahun 2012, film Anata’e menggunakannya sebagai lokasi syuting. Kini, istana itu mulai dibuka untuk umum. Biaya masuknya 300 yen atau sekitar Rp30 ribu.

Kini, Istana Takeda memang sudah berupa reruntuhan. Namun pondasi bangunannya masih berdiri kokoh menyambut pengunjung yang datang. Dinding-dindingnya menyimpan sejarah tak ternilai.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s