Metro Kapsul, Transportasi massal terinspirasi dari Metromini

https://i0.wp.com/us.images.detik.com/content/2014/03/24/4/124300_metrokapsuldalam.jpg

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mempelajari moda transportasi bernama Metro Kapsul. Proyek ini diprakarsai oleh swasta lokal, PT Perkakas Rekadaya Nusantara. Transportasi massal ini, ternyata terinspirasi dari metromini yang ada di Ibu Kota.

“Idenya adalah bus metromini yang diangkat ke atas. Seperti mainan anak-anak, Tamiya itu loh. Jadi, nanti jalurnya elevated,” kata Komisaris PT Perkakas Rekadaya Nusantara, Djoni Rosadi, usai bertemu Jokowi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (24/3/2014).

Menurut dia, proyek pembangunan Metro Kapsul sangat berbeda dengan pembangunan transportasi massal lainnya. Sebab, kemungkinan besar dibangun di atas jalan raya ataupun trotoar, sehingga tidak memerlukan pembebasan lahan.

“Sistem pembangunannya meniru Jepang. Kita tidak akan mengganggu, seperti pembuatan MRT atau monorel yang memakan jalan. Kalau kita akan kerja malam hari dari jam 10 hingga 5 pagi,” terangnya.

Selain itu, Djoni mengklaim nilai investasi proyek ini jauh lebih murah yakni sebesar Rp114 miliar per kilometer. Sementara tenaga ahlinya, berasal dari Institut Teknologi Bandung.

“Ini betul-betul produk Indonesia. Selain di Jakarta, kami sudah presentasi di Bandung dan Surabaya. Kalau jadi, kami menargetkan bisa menyelesaikan pembangunan selama dua tahun,” sebutnya.

Untuk diketahui, Metro Kapsul merupakan moda transportasi baru yang dirancang untuk mengatasi kemacetan Ibu Kota. Moda ini diperkirakan dapat mengangkut 20 ribu-30 ribu penumpang per hari. Satu bus metro kapsul bermuatan 50-90 orang.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s