Biskuit Kemenkes Diberi Label Caleg Gerindra

PASURUAN – Biskuit makanan tambahan untuk ibu hamil yang dikemas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dimanfaatkan untuk kepentingan politik. Biskuit yang seharusnya dibagikan cuma-cuma ini dikemas ulang dan diberi label dua caleg Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Kedua caleg Partai Gerindra tersebut yakni, Rerry Joewanto (Dapil 4 Kota Pasuruan dan Agustina Amprawati (DPRD Jatim Dapil 2). Satu paket biskuit ini dibagikan tim suksesnya di kawasan perumahan Pesona Candi, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Menurut salah seorang warga, Anyk Sulistyowati, biskuit itu diterimanya dari seorang ibu yang berkeliling di kampungnya pada Kamis sore. Dengan mengenakan kaos bergambar Partai Gerindra ia menawarkan biskuit yang diangkut becak pada setiap pemilik rumah.

“Setiap rumah dapat satu bungkus. Ibu itu berjalan kaki membagikan biskuit yang diangkut becak,” kata Anyk.

Dikatakannya, satu paket tersebut berisi enam bungkus biskuit. Di dalamnya terdapat stiker bergambar caleg Partai Gerindra DPRD Kota Pasuruan dari Dapil Kecamatan Purworejo dan caleg DPRD Jatim.

Seorang warga lainnya, Siti Marfuah mengaku juga menerima satu paket biskuit bertuliskan “Makanan Tambahan Ibu Hamil” berlogo Kemenkes itu. Pada kemasan biskuit yang terdapat tulisan “gratis” saat ini telah dikonsumsi anak-anaknya. “Kami dikasih makanan, ya dimakan. Sekarang sudah habis,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Pasuruan, Slamet Supriyadi mengatakan, ada indikasi pelanggaran dalam kegiatan bagi-bagi biskuit itu. Saat ini pihak Panwas telah mengumpulkan bukti-bukti masih melakukan kajian lebih lanjut.

“Ada indikasi pelanggaran pada pembagian biskuit tersebut. Kami akan mengkaji lebih lanjut dan menyelidiki siapa sebenarnya yang membagikannya kepada masyarakat,” kata Slamet Supriyadi.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s