24 Tahun Warga Kampung Apung Bergelimang Sampah

https://i1.wp.com/manado.tribunnews.com/foto/bank/images/makam-terendam-di-kampung-apung-jakarta-barat.jpg

Warga Kampung Apung, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, bermimpi kampungnya bersih dan bebas banjir. Ketua RT 10, RW 01 Kampung Apung, Rudi Suwandi, mengatakan sudah lebih dari dua dekade warganya hidup bergelimang sampah.

“Sudah 24 tahun Kampung ini menderita karena kebijakan yang salah dari pemerintah. Selama ini tidak pernah ada solusi yang mampu melepaskan penderitaan warga,” tegas Rudi, Kamis (27/3/2014).

Bagaimana tidak, selama kurun waktu itu warga membuang sampah ke makam. Bau busuk pun menjadi sarapan sekira 20 kepala keluarga di kampung itu setiap harinya.

Belakangan, Pemerintah Kota Jakarta Barat berinisiatif mengeruk sampah yang menumpuk di areal pemakaman. Kasudin Kebersihan Jakarta Barat, Wahyu Pudjiastuti, pihaknya telah mengerahkan 30 petugas kebersihan dan tiga truk untuk mengangkut sampah yang sudah bertahun-tahun menumpuk di pemakaman tersebut.

Rudi berharap, Pemkot serius membenahi kampungnya sehingga tempat tinggalnya terbebas dari banjir. Rudi juga mendukung salah satu program Pemprov DKI yaitu membuat Kampung Apung menjadi Kampung Deret.

“Akan kita bicarakan kembali, dan yang terpenting pemerintah harus konsen dan sepenuh hati menata kampung kami,” tutupnya.

Tak hanya sampah, Pemkot juga berencana mengembangkan aktifitas ekonomi warga Kampung Apung yang mayoritas berternak ikan lele. Kasudin Pertanian dan Peternakan, Eviaty mengatakan, warga Kampung Apung tak perlu khawatir saat pengeringan yang akan dilakukan beberapa instansi.

“Kolam ikan lelenya akan kita pindahkan untuk sementara, sampai proses pengeringan selesai,” ujar Eviaty. Pihaknya juga sudah menyiapkan ribuan benih ikan lele untuk diternak kembali.

“Kita juga akan memberikan bantuan 20 ribu benih ikan lele, kepada 6 kelompok peternak ikan lele Kampung Apung. Setiap kelompok terdapat 2-3 tambak ikan lele. Saat ini baru 4.000 benih ikan lele yang kita berikan,” tutupnya.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s