PLN Akui Tak Sanggup Penuhi Kebutuhan Listrik RI

https://i1.wp.com/indonesiarayanews.com/foto_berita/pembangkit%20listrik.jpg

PT PLN (Persero) mengaku masih belum dapat menyediakan listrik sendiri. Yang masih menjadi kendala operator listrik nasional ini lantaran keterbatasan dana. Sebab, dalam menyediakan listrik sendiri, dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

Demikian disampaikan Direktur Perencanaan dan Afiliasi Anak Perusahaan PT PLN (persero), Murtaqi Syamsuddin, saat Coffe Morning di Kantor Dirjen Ketenagalistrikan ESDM, Jakarta, Jumat (21/3/2014).

Dia mengatakan, pertumbuhan listrik nasional terus mengalami peningkatan, dimana setiap tahunnya tumbuh sekitar 8,5 persen atau tumbuh 5.700 Mega Watt (mw). Oleh karena itu, guna mengimbangi penambahan listrik, PLN masih belum sanggup jika melakukannya sendiri.

“PLN itu finansialnya terbatas, 5.700 mw per tahun untuk penuhi demand sampai 8,5 persen per tahun untuk pertumbuhan ekonomi 6,5-7 persen per tahun kami tidak sanggup,” kata Murtaqi.

Dia menambahkan, tidak hanya sulit menyediakan listrik sendiri, dengan dana yang tidak mumpuni pun sulit membangun infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan listrik yang terus mengalami peningkatan.

Karenanya, selama ini PLN bekerja sama dengan pemerintah dalam mendanai sebuah program, seperti Rencana Usaha Penyedia Jasa Tenaga Listrik (RPUPTL) yang dibuat oleh PLN.

RUPTL ini sendiri membutuhkan penambahan pembangkit plus transmisi mencapai USD125 miliar dalam 10 tahun ke depan atau per tahunnya USD12,5 miliar. “Kemampuan PLN mendanai pertumbuhan pembangkit dan infrastruktur untuk dibiayai pemerintah,” jelasnya.

Lebih lanjut Murtaqi menjelaskan, dengan kemampuan PLN dalam membiayai proyek RUPTL hanya USD5 miliar per tahun, atau Rp50-Rp60 triliun, hal itu jelas menandakan bahwa pemerintah tidak bisa hanya bertumpu pada PLN saja. “Harus dikembangkan model bisnis yang baru untuk ikut menambah kapasitas pembangkitan sesuai yang diharapkan,” tukas dia.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s