7 Makanan pedas dari seluruh dunia

Makanan pedas, siapa yang tak suka dengan makanan berbahan dasar cabai ini? Hampir semua orang menggemari rasanya. Bukan hanya orang Indonesia, warga negara lain pun menyukainya. Buktinya setiap negara memiliki masakan bercitarasa pedas sendiri. Mulai dari Eropa, Amerika, Asia, sampai Afrika menawarkan menu kuliner pedas yang wajib dicoba. Berikut ini kami tampilkan enam di antaranya yang direkomendasikan James Raiswell dari Askmen.

1. Tom yum (Thailand)

7 Makanan pedas dari seluruh dunia

Tom yum adalah sejenis sup khas Thailand. Citarasanya asam dan pedas karena di dalamnya terdapat banyak bumbu rempah-rempah khas Asia seperti cabai Thailand, ketumbar, dan jeruk nipis. Sup ini merupakan salah satu hidangan Thailand yang paling digemari oleh pecinta kuliner dunia.

Tom yum memiliki banyak variasi, antara lain tom yum goong yang bahan utamanya berupa udang, tom yam pla yang berbahan ikan, tom yam kung maphrao on nam khon yang berkuah santan dan terbuat dari kelapa muda.

2. Papa a la Huancaina (Peru)

7 Makanan pedas dari seluruh dunia

Sejenis salad kentang khas Peru. Sajian ini berasal dari daerah Huancayo, sebuah kota di dataran tinggi Peru. Nama Papa a la Huanca?na sendiri secara harfiah berarti kentang ala Huancayo. Makanan tersebut dibuat dari kentang rebus, zaitun, selada, dan? jagung pipil yang disiram dengan saus kental. Sausnya dibuat dari keju putih, minyak sayur, susu, dan garam yang dihaluskan. Rasa pedasnya berasal dari aji amarillo, cabai hijau Peru yang terkenal membakar lidah.

3. Lo Bok dengan cabai Sichuan (China)

7 Makanan pedas dari seluruh dunia

Sebenarnya makanan ini juga termasuk jenis salad yang disajikan dingin. Terbuat dari lo bok, sejenis lobak China, wortel, cuka, jahe, dan irisan cabai. Setelah itu masih dibumbui pula dengan cabai sichuan. Cabai yang satu ini terkenal karena rasa pedasnya yang menggigit dan sedikit asam. Sering ditemui dalam makanan-makanan ala Sichuan. Salah satunya yang Anda kenal mungkin ayam Sichuan.

4. Bibimbap (Korea)

7 Makanan pedas dari seluruh dunia

Siapa yang tak kenal bibimbap? Makanan khas Korea ini memiliki nama yang berarti nasi campur. Bibimbap merupakan hidangan yang mudah disiapkan, hanya perlu mencampurkan nasi panas dengan namul, sejenis sayuran yang diasinkan dan kimchi dalam sebuah mangkuk besar. Kemudian dicampurkan gochujang, sejenis pasta cabai untuk menambahkan rasa pedas. Kadang warga Korea juga suka menambahkan telur mentah di atasnya. Konon, bibimbap ini sudah menjadi makanan kesukaan warga Korea sejak berabad-abad lalu.

5. Wot (Ethiopia)

7 Makanan pedas dari seluruh dunia

Kalau yang satu ini adalah sajian khas Ethiopia yang disajikan bersama injera, roti pipih yang sering dimakan oleh penduduk negara tersebut. Penampilannya mirip seperti kari, terbuat dari ayam, daging sapi, daging domba, sayur dan berbere. Berbere adalah campuran rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan Ethiopia. Bahan inilah yang memberikan rasa pedas pada wot. Selain itu masih ditambahkan pula dengan niter kibbeh, sejenis mentega yang terbuat dari lemak hewani.

6. Vindaloo (India)

7 Makanan pedas dari seluruh dunia

Vindaloo adalah kari tradisional India, termasuk salah satu masakan negara tersebut yang paling digemari turis asing. Kuahnya kental dan? kaya rasa karena di dalamnya terdapat banyak rempah-rempah, di antaranya ketumbar, cumin, dan cabai. Sebelum dimasak bersama kuahnya, daging sapi dilumuri dengan bumbu terlebih dahulu. Karena itulah pedasnya terasa menendang.Vindaloo sebenarnya merupakan hidangan peranakan. Namanya diambil dari masakan daging dari Portugis yang bernama carne de vinha d’alhos.

7. Sambal ulek (Indonesia)

7 Makanan pedas dari seluruh dunia

Percaya atau tidak, sambal ulek adalah makanan pedas dari Indonesia yang cukup disukai oleh turis asing. Sambal ulek sebenarnya lebih tepat kalau disebut saus, karena biasa dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan, sama seperti kimchi di Korea. Di Indonesia terdapat berbagai jenis sambal ulek. Indonesia bahkan memegang rekor karena memiliki variasi sambal terbanyak di dunia.

Itulah 7 makanan pedas dari seluruh dunia. Silahkan mencoba dan rasakan sendiri kepedasannya.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s