Pulau Berbatu Ini Diperebutkan Empat Negara

https://i1.wp.com/img.okeinfo.net/dynamic/content/2014/03/14/409/954968/ZfqdE217nF.jpg

Letaknya cukup terisolasi. Rocky Islet merupakan sebuah pulau berbatu yang sangat kecil, tak berpenghuni, dan berada di sekitar 480 km lepas pantai barat daratan Skotlandia. Selama lebih dari 50 tahun, empat negara seperti Inggris, Irlandia, Islandia, dan Denmark berusaha mengklaim bahwa pulau ini milik mereka.

Alasan pulau ini diperebutkan adalah karena terdapat cadangan gas alam yang tersembunyi di dasar lautnya. Keunikan Rocky Islet terletak pada sebuah batu setinggi 21 meter dan lebar 25 meter yang berada di tengah pulau ini, bernama Rockall.

Rockall adalah piramida granit vulkanik yang menjorok keluar dari Atlantik seperti sirip hiu raksasa. Ombak laut di sini sangat ‘ganas’, hampir mustahil menentukan ketinggiannya. Ada yang mengatakan tingginya sekira 20 hingga 30 meter di atas permukaan laut.

Pulau Rocky Islet hanya dihuni oleh sekawanan burung laut yang menjadikan Rockall sebagai peristirahatannya di musim panas. Perebutannya sendiri terjadi sejak masa kekaisaran Inggris. Mereka berupaya keras menjadikan pulau ini miliknya, namun pada akhirnya ambisi kekaisaran Inggris mengalami kemunduran karena ratifikasi internasional Hukum Laut pada 1982, seperti dilansir dari Amusingplanet, Sabtu (15/3/2014).

Ratifikasi tersebut menyatakan bahwa tempat ini tidak cocok ditinggali manusia atau sebagai sumber perekonomian mereka. Meski pulau ini masih menjadi kawasan penelitian sebagian besar para ilmuwan, minat wisatawan untuk mengunjunginya cukup besar.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s