Korea Utara Eksekusi Mati Paman Kim Jong-un

PYONGYANG, KOREA UTARA – Pemerintah Korea Utara (Korut) mengeksekusi Jang Song-thaek, paman Kim Jong-un karena terbukti berkhianat kepada bangsa. Kebenaran eksekusi Jang diungkap kantor berita resmi Korea Utara (KCNA) seperti yang dilaporkan juga oleh Xinhua, Jumat (13/12).

Mantan Sekretaris Partai Buruh Korea (WPK) tersebut dieksekusi pada Kamis (12/12) setelah dihadapkan ke Mahkamah Militer khusus. Mahkamah Militer menetapkan Jang terbukti bersalah sebagai seorang pengkhianat negara yang melakukan tindakan antipartai dan kontrarevolusioner dalam upaya menggulingkan kepemimpinan partai dan negara.

Di samping itu, salah satu pemimpin tertinggi di Korut tersebut dituduh terlibat dalam beberapa kejahatan, termasuk korupsi, perselingkuhan, dan penggunaan narkoba. Mahkamah juga menyatakan pria kelahiran Provinsi Kangwon, 67 tahun silam, tersebut bersalah dalam kasus penyalahgunaan kekuasaan serta melawan sistem kepemimpinan tunggal.

“Berdasarkan Konstitusi Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), ia dijatuhi hukuman mati dan eksekusi langsung dilakukan,” ungkap Mahkamah Militer dalam putusannya.

“Siapapun yang berani menantang otoritas mutlak dan kepemimpinan tunggal Yang Mulia Marsekal Kim Jong Un akan berakhir dengan hukuman maut karena tidak dapat dimaafkan, tidak peduli siapa dia dan di mana dia bersembunyi,” timpal laporan itu.

Jang menikah dengan bibi Kim Jong Un yang bernama Kim Kyong Hui, adik mendiang pemimpin Korea Utara Kim Jong Il. Jang mengalami kehilangan pamor pada masa lalu di bawah Kim Jong Il ketika dia menghilang beberapa tahun dan muncul kembali untuk menduduki jabatan tinggi tidak lama sebelum transisi kepemimpinan.

Jang mulai diajukan ke meja hijau dan dinonaktifkan dari semua struktur jabatan setelah pertemuan besar Biro Politik Komite Pusat WPK pada Minggu yang mencapai kesepakatan bahwa dia terbukti antipartai dan menggalang kekuatan untuk melengserkan Kim. Sebuah rekaman video dari Korean Central TV menunjukkan Jang ditangkap di tempat kejadian.

“Media DPRK telah memberikan cakupan yang intensif tentang reaksi amarah warga Korut atas kejahatan Jang, meminta semua anggota partai, tentara, dan masyarakat untuk bersatu di bawah kepemimpinan Kim,” ungkap laporan itu.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s