Guiuan, “Surga” yang Terempas Badai Haiyan

https://i0.wp.com/news.bbcimg.co.uk/media/images/71066000/jpg/_71066302_guiuan_coast.jpg

Kondisi Pulau Guiuan sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) diempas Badai Supertopan Haiyan, Selasa (12/11). (bbc.co.uk)

GUIUAN, FILIPINA Berlokasi di tempat Filipina berhadapan langsung dengan Samudra Pasifik, Guiuan selama ini dikenal sebagai “surga” tropis. Di lokasi tersebut bertebaran perkemahan para peselancar dan resor, sementara pantai putih bersih terbentang.

Namun, itu semua gambaran sebelum Guiuan diempas badai Haiyan, dan tak berbekas. Pulau yang semula ibarat “surga” ini berada di tenggara Pulau Samar.

Ketika badai Haiyan tiba di pulau ini, kecepatan topan itu diperkirakan mencapai 315 kilometer per jam. Embusan angin yang menyertainya berkecepatan 380 kilometer per jam.

Oleh karenanya, bangunan pun runtuh, pohon palem rebah, semuanya menjadi kubangan raksasa. Kehancuran yang tak memberikan harapan pun terbentang hari ini. “Semuanya hilang.”

Komunikasi terputus total dari Pulau Guiuan. Kebutuhan dasar untuk mereka yang selamat dari Haiyan tak kunjung tiba. Ini terasa sampai akhirnya, Selasa (12/11/2013), pesawat kargo C-130 militer terbang di atas pulau tersebut dan berhasil mendarat di sela-sela puing sebuah bandara kecil.

Wali Kota Guiuan Christopher Gonzales mengatakan, hampir semua penduduknya, sekitar 50.000 orang, kini adalah tunawisma. Semua yang pernah mereka miliki lenyap bersama Haiyan.

“Jika Anda melihat kota kami, ini kerusakan total. Kerusakan 100 persen,” ujar Gonzales. Tentara Filipina yang ada di lambung C-130 pun tak membuang waktu membongkar muatan, begitu pesawat mendarat di Guiuan.

Ketika sebagian tentara menurunkan logistik yang dibawa, sebagian yang lain turut dalam operasi pencarian dan penyelamatan korban. Pencarian korban tewas di wilayah ini masih jauh dari tuntas.

Sekitar setengah jam setelah mendarat, C-130 kembali mengudara. Kali ini beban mereka berganti dengan warga Guiuan yang terluka oleh badai.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s