Akil Mochtar Pernah Usul Koruptor Dipotong Jarinya

Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar ditangkap KPK terkait dugaan suap sengketa pilkada di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu 2 Oktober 2013.

Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar ditangkap KPK terkait dugaan suap sengketa pilkada di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rabu 2 Oktober 2013.

JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi Akil ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi, Rabu 2 Oktober 2013, sekitar pukul 22.00 WIB.

Akil ditangkap di rumah dinasnya, Kompleks Widya Chandra III Nomor 7, Jakarta Selatan, setelah melakukan serah terima uang yang diduga suap sengketa pilkada di Kabupaten Gunung Mas.

Siapa sangka, jauh sebelum ditangkap KPK, Akil pernah mengusulkan pemiskinan bagi para koruptor. Bukan hanya itu saja, agar memberikan efek jera, para pelaku korupsi dipotong jarinya.

“Ini ide saya, daripada harus dihukum mati, kenapa tidak dikombinasi pemiskinan dan memotong salah satu jari tangan koruptor agar jera,” kata Akil di Gedung MK, Jumat 9 Maret 2012.

Kata Akil, yang kala itu menjabat Juru Bicara MK, dengan hukuman potong jari, para pelaku extra ordinary crime (kejahatan luar biasa) ini akan kapok. Orang-orang yang akan melakukan korupsi juga takut dengan hukuman seperti itu.

“Saya pikir hukuman seperti ini yang pantas diterapkan. Sekarang ada yang namanya memiskinkan koruptor. Tetapi kalau benar-benar semua hartanya didapat oleh negara. Kalau dipotong jarinya itu kan membuat malu juga, sehingga memberikan efek jera bagi pelaku lainnya,” kata Akil ketika itu.

“Lebih baik dimiskinkan dan dipotong jarinya. Sehingga ketika berbaur di masyarakat, masyarakat tahu kalau dia adalah koruptor,” katanya.

Lalu, apakah Akil masih ingat pernyataannya itu? Jika dia terbukti melakukan tindak kejahatan korupsi, apakah bersedia dimiskinkan dan dipotong jarinya?

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s