Tabung pahala dengan 10 amalan Ramadan

Tabung pahala dengan 10 amalan Ramadan

Ilustrasi puasa

Ramadan bukanlah bulan yang biasa. Kedatangannya selalu ditunggu seluruh umat Islam. Tetapi, ada baiknya jika Anda melaksanakan 10 amalan selama Ramadan seperti dilansir dari islamicity.com:

1. Makan, minum dan bersahajalah

Berpuasa bukanlah saatnya untuk makan dan minum banyak namun adalah waktu yang tepat untuk mengontrol lapar dan hawa nafsu.

2. Beramal

Nabi Muhammad SAW adalah orang yang sangat dermawan, apalagi ketika Ramadan. Biasakan bersedekah seribu, dua ribu bahkan lima ribu rupiah per hari. Berapapun jumlahnya, niatan adalah pahala.

3. Hafalkan 4 surat baru

Menghafal satu Alquran memang terkesan sangat berat. Nah, cobalah dengan menghafal satu surat per minggu agar menjadi lebih mudah. Lakukan terus hingga ke depannya terbiasa.

4. Pergi tarawih

Setelah berbuka, jangan malah tidur. Segeralah bergegas ke masjid untuk salat tarawih. Tarawih sendirian itu baik, namun tarawih berjamaan di masjid lebih baik lagi. Semangat Ramadan terletak di kebersamaan, maka janganlah Anda lewatkan.

5. Ikut tadarus/mengaji bersama

Setelah tarawih di masjid, lanjutkan dengan tadarus. Ingat jangan hanya mendengarkan orang mengaji namun ikut juga mengaji.

6. Jaga perkataan

Terkadang memang sulit menjaga hati dan perkataan ketika sesuatu tidak berkenaan terjadi. Cobalah untuk menjaga perkataan selama Ramadan, jangan mengumpat, mendumel dan sumpah serapah.

7. Jalin silaturahmi

Hubungi sanak saudara Anda dan tanyakan tentang kelancaran Ramadan mereka. Jika belum bisa bertemu langsung, Anda bisa telepon, SMS, e-mail mereka. Memperkuat kekeluargaan dan persahabatan merupakan bagian penting kehidupan dan suatu hal yang disukai Allah SWT.

8. Diet teknologi

Coba fokuskan kegiatan Ramadan Anda dengan kegiatan yang menambah keimanan seperti tarawih, mengaji, bersedekah dan menjalin silaturahmi daripada duduk diam di depan layar atau asik sendiri dengan gadget kesayangan Anda.

9. Baca Alquran 5 menit per hari

Jika kegiatan Anda sangat sibuk setiap hari dan kesulitan untuk mengalokasikan waktu membaca Alquran. Atur alarm per hari selama lima menit untuk mengaji, lakukan terus tiap hari. Lama-lama tambah durasinya dan Anda akan terbiasa.

10. Saling memaafkan

Kekecewaan seringkali menghampiri Anda. Kekecewaan dapat datang dari siapa, kapan dan di mana saja. Nah, dalam Ramadan coba untuk lebih tenang dan menghadapinya dengan sabar serta lapang dada. Saling memaafkan di Ramadan bukan hanya baik bagi fisik Anda, namun juga bagi jiwa.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s