5 Negara dengan harga bensin termahal di dunia

5 Negara dengan harga bensin termahal di dunia

Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi salah satu kebutuhan vital masyarakat di dunia. BBM merupakan bahan baku penggerak sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Sifat vital dari BBM membuat harga bahan bakar tak terbarukan ini sangat sensitif. Tingginya harga BBM membuat daya beli masyarakat semakin berat.

Belum lama ini, Indonesia memutuskan untuk menaikkan harga BBMnya. Harga BBM Indonesia meningkat sekitar Rp 1.000 sampai Rp 2.000 dari Rp 4.500 menjadi Rp 5.500 atau Rp 6.500 per liternya.

Kucuran dana subsidi pemerintah, membuat harga BBM di Indonesia berada di bawah harga keekonomiannya sekitar Rp 9.000 per liter. Harga BBM di Indonesia menempati peringkat 20 termurah di dunia.

Lalu negara manakah yang menempati peringkat teratas sebagai pemilik harga BBM termahal di dunia? Berikut kami mencoba merangkumnya 5 negara teratas pemilik harga BBM termahal berdasarkan data Bloomberg :

1. Turki

Negara yang memiliki nilai ekonomi mencapai USD 800 miliar ini menempati urutan pertama sebagai pemilik harga BBM termahal. Salah satu negara dengan perekonomian terbesar di Eropa Timur ini mewajibkan warganya untuk membayar USD 9,89 per galon atau setara Rp 32.718 untuk tiap liter bensinnya.

Angka ini cukup tinggi jika melihat pendapatan rata-rata penduduk Turki ialah USD 30 per harinya. Pemerintah Turki meraup banyak penerimaan pajak dari sektor BBM ini sebagai modal pembangunannya.

2. Norwegia

Negara penghasil minyak besar ternyata tidak membuat penduduk Norwegia merasakan harga BBM yang murah. Penduduk di negara tersebut justru harus membayar sekitar USD 9,63 per galon atau setara Rp 31.858 per liter BBM.

Angka ini menempatkan Norwegia sebagai negara kedua dengan harga BBM termahal di dunia. Alih-alih memberikan subsidi pada BBM, pemerintah negara itu menggunakan keuntungan BBMnya untuk biaya kuliah gratis dan pembangunan infrastruktur.

3. Belanda

Mahalnya harga BBM di Belanda membuat negara ini memiliki populasi pesepeda terbanyak di dunia. Banyaknya pemilik sepeda bahkan membuat pemerintah Belanda membangun infrastruktur khusus untuk pemakai sepeda.

Harga BBM di negara kincir angin ini ialah sekitar USD 9,09 per galon atau setara dengan Rp 30.071 per liternya. Sementara pendapatan masyarakat Belanda per harinya sebesar USD 125.

4. Italia

Harga BBM di negeri pizza ini mulai melonjak tidak lama setelah Perdana Menteri Mario Monti berkuasa di November 2011. Harga BBM di Italia mencapai USD 8,87 per galon atau setara dengan Rp 29.344 per liternya.

Masyarakat Italia saat ini harus mengeluarkan biaya pembelian BBM setara dengan pengeluaran kebutuhan konsumsi makanan tiap harinya. Pendapatan rata-rata masyarakat Italia mencapai USD 88 per hari.

5. Portugal

Harga BBM di Portugal mencapai USD 8,82 per galon atau setara Rp 29.178 per liternya. Portugal mengenakan pajak tinggi untuk BBM di negaranya yakni sekitar 64 persen.

BBM merupakan salah satu harga komoditas di Portugal yang ditingkatkan paling tajam sejak 2001 untuk melindungi kelestarian lingkungan. Pendapatan rata-rata masyarakat Portugal sekitar USD 53 per hari.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s