China Sensor Pencarian Tokoh Winnie The Pooh di Internet

https://i0.wp.com/m.ruvr.ru/2013/06/13/07/obama-winnie.jpg.1000x297x1.jpg

BEIJING, CINA – Pemerintah China baru-baru ini menyensor tokoh kartun anak-anak, Winnie the Pooh, dari pencarian di dunia maya. Penyebabnya, beredar sebuah foto di internet yang membandingkan foto Presiden China Xi Jinping saat berkunjung ke Amerika Serikat dengan gambar Winnie the Pooh.

Laman Dailymail, Sabtu 14 Juni 2013, mengunggah gambar tersebut di situs mereka. Dalam gambar itu, terlihat Xi Jinping tengah berjalan bersama Presiden AS, Barack Obama di pertemuan tingkat tinggi California.

Kemudian gambar tersebut disandingkan dengan gambar beruang Winnie the Pooh dengan pose yang mirip tengah berjalan dengan sahabat baiknya, Tiger. Gambar ini kali pertama dipublikasikan di media sosial China, Weibo.

Pengguna dunia maya yang memajang gambar itu untuk kali pertama adalah seorang penulis blog dengan nama sapaan Nicaragua Rabbit.

Saat mengetahui hal tersebut, administrator Weibo langsung menghapus foto dan komentar terkait gambar itu. Walau sudah dihapus, sayangnya gambar itu terlanjur menyebar luas di dunia maya.

Pengguna dunia maya yang mengetahui soal penyensoran itu, menyayangkan sikap pengelola situs tersebut. Menurut mereka, pemerintah China sama sekali tidak memiliki rasa humor dan pelit.

Nicaragua Rabbit kemudian memajang pesan yang diberikan oleh administrator situs Weibo bertuliskan: “gambar itu tidak sesuai untuk dipublikasikan”.

Kebijakan sensor dunia maya yang dikeluarkan oleh Partai Komunis diketahui sejak lama dapat menghapus semua konten di internet. Hal itu termasuk kritikan kecil yang ditujukan kepada pemerintah.

Laporan harian South China Morning Post, kebijakan sensor ini dapat membahayakan pencitraan positif Presien Xi Jinping yang selama ini coba dibangun.

SUMBER

One thought on “China Sensor Pencarian Tokoh Winnie The Pooh di Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s