Setelah Menunggu 24 Tahun, Jokowi Resmikan Proyek MRT

Pencanangan persiapan pembangunan MRT
JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Kamis, 2 Mei 2013,  sore meresmikan proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Proyek MRT ini telah dimulai sejak puluhan tahun lalu dan baru berjalan hari ini.

Jokowi yang menggunakan kemeja putih lengan panjang memukul gong sebanyak lima kali menandakan pembangunan proyek yang studinya telah dirintis sejak 1986 lalu. Jokowi didampingi oleh Direktur Utama MRT, Dono Boestami, Kepala Perwakilan JICA Indonesia, Atsushi Sasaki, Kepala Bappeda, Sarwo Handayani, dan Kepala Dinas Perhubungan, Udar Wistno.

“Atas rahmat Allah, setelah menunggu 24 tahun, dengan ini pembangunan MRT resmi dimulai,” kata Jokowi usai memukul gong.

Jokowi optimis proyek fase satu Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia sepanjang 15,7 kilometer ini akan rampung pada 2017 mendatang. Ia menjelaskan, jarak Hotel Indonesia-Al-Azhar Kebayoran Baru sepanjang 5,9 KM akan dibangun tiga stasiun.

Jokowi menjelaskan seluruh masalah administrasi telah selesai sehingga tidak ada lagi penundaan proyek. Bahkan, ia meminta pemenang proyek MRT untuk mempercepat proyek tersebut.

“Kalau bisa mulai besok kontraktor pemenang bisa mulai konstruksi, argo sudah jalan,” katanya.

“MRT Jakarta fase satu terdiri dari tiga paket. Paket satu dan dua akan dikerjakan konsorsium Shimizu-Obayashi-Wijaya Karya-Jaya Construction. Sedangkan satu paket lainya akan dikerjakan konsorsium Hutama Karya dan Sumitomo Mitsui.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s