8 Ritual Pernikahan Aneh Sejagat

8-ritual-pernikahan-aneh-sejagat

Meski saat ini era modern dengan teknologi yang serba canggih, masih banyak orang yang mempercayai mitos atau sejenisnya. Mereka melakukan hal tersebut untuk membuang sial serta menjaga tradisi. Termasuk hal pernikahan. Di berbagai belahan dunia terdapat bermacam-macam ritual pernikahan yang sampai sekarang masih dilakukan.

Dari berbagai ritual, ada beberapa yang bisa membuat Anda mengernyitkan dahi. Kenapa? Karena ritual ini sangat aneh dan tidak lazim. Simak delapan ritual pernikahan teraneh di dunia yang dilansir oddee.

1. Menghitamkan pengantin wanita

Bayangkan jika Anda adalah pengantin wanita yang sedang mempersiapkan hari paling istimewa di hidup Anda. Tentu Anda ingin segala sesuatu yang indah, terlebih jika hari pernikahan sudah dekat. Namun sayangnya jika Anda di Skotlandia, Anda tidak akan menikmati istirahat dengan tenang.

Tubuh Anda akan dibuat menjadi hitam dengan lemparan telur, saus, dan hal-hal busuk. Tidak sampai di situ saja. Anda akan diarak keliling kota. Punya nyali kah Anda?

2. Pengantin wanita menangis

Meski pernikahan adalah hari bahagia, rasa haru tentu mewarnai perayaan sakral tersebut. Namun bagaimana jadinya jika pengantin menangis terus menerus?
Menangis menjadi sebuah ritual kaum minoritas di Cina, Tuija.

Dalam ritual tersebut pengantin wanita? akan menangis selama sekitar satu jam. Sepuluh hari setelah itu, dia akan bertemu ibunya dan menangis bersama. Kemudian kerabat wanita lain akan bergabung dengan mereka.

3. Tidak boleh ke kamar mandi selama tiga hari

Nah, yang satu ini terdengar gila dan mengejutkan.? Anggota komunitas Tidong di Sandakan, Sabah, Malaysia tidak mengizinkan pengantin baru untuk pergi ke kamar mandi selama 3 hari dan 3 malam. Jika mereka melakukannya, mereka akan memiliki nasib buruk. Nasib buruk bisa datang dalam bentuk pernikahan yang tidak harmonis, kematian anak-anak, atau bahkan kemandulan. Jadi selama tiga hari pasangan kelaparan dan diberi sedikit air.

4. Tamu membayar untuk berdansa dengan pengantin wanita

Tradisi ini berasal dari Polandia. Pada resepsi pernikahan, pengantin perempuan akan menari dengan ayahnya, sementara saudara mengulurkan celemek. Para tamu kemudian menempatkan uang di celemek tersebut agar bisa berdansa dengan pengantin wanita. Setelah itu, barulah mempelai pria yang melemparkan isi dompetnya, sehingga melebihi semua uang dari orang lain. Kemudian sang suami membawa istrinya pergi untuk berbulan madu.

5. Menculik pengantin

Ritual menculik mempelai wanita masih ada hingga sekarang. Penculikan pengantin masih terjadi di beberapa budaya seperti kaum Gipsi.? Jika Anda berhasil menculik paksa seorang gadis dan menjaganya di sisi Anda selama dua sampai tiga hari, dia resmi menjadi istri Anda. Cukup gila, kan?

Di Indonesia sendiri tepatnya Suku Sasak di Lombok, juga memiliki ritual serupa. Calon mempelai pria menculik gadis yang hendak dinikahi dengan alasan menjaga kehormatan gadis. Untuk menculiknya, dicari hari dan bulan baik.

6. Ritual melompati sapu

Tradisi pernikahan di mana pengantin melompati sapu selama upacara. Tindakan itu melambangkan awal baru dan menyapu masa lalu. Ritual ini menandakan bergabungnya dua keluarga atau member penghormatan kepada leluhur keluarga.

7. Ritual menikahi hewan untuk mengusir hantu

Di beberapa daerah India diyakini bahwa jika seorang bayi perempuan memiliki gigi berakar pada gusi atasnya, itu adalah tanda yang jelas bahwa ia akan dimakan oleh harimau atau sesuatu dalam waktu dekat, karena hantu membencinya. Oleh karena itu, ia harus menikah dengan seekor binatang.

Kabar baiknya, upacara pernikahan dengan hewan dilakukan bohong-bohongan. Pernikahan tersebut dilakukan hanya untuk mengusir roh-roh jahat sehingga si gadis dapat menikahi seorang anak laki-laki nyata di masa depan.

8. Memukul kaki pengantin pria

Di Korea Selatan, mau tidak mau para pengantin pria harus menahan rasa sakit akibat dipukul kakinya sebelum bertemu istrinya. Setelah upacara pernikahan, teman-teman si pengantin pria melepas kaus kakinya, lalu mengikat tali di sekitar pergelangan kakinya, dan mulai memukuli telapak kakinya dengan ikan corvina kuning yang dikeringkan. Ritual ini dilakukan konon untuk membuat sang pengantin pria kuat sebelum malam pertama.

Semua ritual yang dilakukan mempunyai tujuannya masing-masing. Apakah di daerah Anda juga ada ritual khusus menjelang pernikahan?

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s