Carlos Slim Helu Pertahankan Orang Terkaya No 1 di Dunia

This slideshow requires JavaScript.

Ekonomi dunia memang tengah meredup, namun ternyata kekaayaan para miliarder dunia meningkat menjadi USD5,4 triliun dibandingkan tahun sebelumnya USD4,6 triliun.

Data itu terpapar dalam daftar orang terkaya tahun 2013 versi Forbes. Majalah itu pun memberikan peringkat untuk 1.426 nama dari orang-orang terkaya di dunia. Dari semua nama tersebut, sebanyak 386 berasal dari Asia Pasifik, 366 dari Eropa, 129 dari Amerika dan 103 berasal dari Timur Tengah dan Afrika.

Pertanyaannya, siapkan orang paling kaya di muka bumi ini? Seperti dilansir Forbes, Selasa (5/3/2013), Carlos Slim, taipan asal Meksiko ini didaulat menjadi orang dengan harta kekayaan paling banyak di dunia.

Secara lengkap, berikut ini adalah 10 nama teratas dari 1.426 orang terkaya tersebut.

1. Carlos Slim Helu & keluarga

Dia merupakan pengusaha di sektor telekomunikasi. Pria berusia 73 tahun ini memiliki kekayaan sebesar USD73 miliar. Dengan didaulat menjadi orang terkaya di tahun 2013 ini, berarti dia telah menjadi orang terkaya sejagat selama empat tahun berturut-turut.

Dia menghasilkan lebih dari USD4 miliar pada tahun lalu. Hal ini terjadi berkat lonjakan pada harga saham perusahaannya, Grupo Financiero Inbursa dan perusahaan ritel reksasanya, Grupo Carso.

2. Bill Gates

Cochairman dari Bill & Melinda Gates Foundation ini tercatat memiliki kekayaan sebesar USD67 miliar. Pria asal Amerika yang berusia 57 tahun ini telah menyumbangkan sebanyak USD28 miliar untuk kemanusiaan. Pada tahun lalu, nilai kekayaannya bertambah sebesar USD6 miliar. Hebatnya, kekayaan tersebut dia dapatkan tanpa ada kontribusi dari perusahaan yang dia dirikan, Microsoft yang saat ini dia tercatat sebagai pemegang dari 5 persen saham Microsoft. Lalu dari mana dia mendapatkan uang? Dia mengaku mendapatkan uang dari hasil investasi di private equity, obligasi dan investasi di sejumlah perusahaan.

3. Amancio Ortega

Pengusaha asal Spanyol yang berusia 76 tahun ini memiliki kekayaan sebesar USD57 miliar. Pria ini berhasil meningkat kekayaannya menjadi USD19,6 miliar pada tahun lalu. Dia telah mengundurkan diri sebagai chairman Inditex, pemegang merek zara, tapi dia masih memegang 60 persen saham perusahaan tersebut.

4. Warren Buffet

CEO Berkshire Hathaway ini memiliki kekayaan sebanyak USD53,5 miliar. Sebelumnya, kakes berusia 82 tahun asal Omaha, Amerika ini baru saja melakukan akuisisi perusahaan produsen saos asal Brasil, 3G Capital.

5. Larry Ellison

CEO Oracle yang berusia 68 tahun ini memiliki harta sebanyak USD43 miliar. Pada Februari kemarin, saham Oracle telah mengalami kenaikan sebesar 20 persen year on year. Tahun lalu, orang terkaya ketiga di Amerika ini batu saja merealisasikan akuisisi real estate di Pulau Hawaii dari David Murdock.

6. Charles Koch

CEO Koch Industries Inc ini memiliki kekayaan sebesar USD34 miliar. Penjualan dari Koch Industries ditaksir mencapai USD115 miliar pada tahun lalu, naik sebesar USD20 miliar dari perioda tahun sebelumnya.

7. David Koch

Executive Vice President Koch Industries Inc ini memiliki harta sebanyak USD34 miliar. Adik Charles Koch ini menjalan bisnis chemical di Koch Industries. Kekayaannya meningkat sebesar USD9 miliar tahun lalu yang salah satunya berasal dari keuntungan kenaikan harga gas.

8. Li Ka-shing

Chairman Hutchison Whampoa yang berusia 84 tahun ini memiliki kekayaan sebesar USD31 miliar. DIa merupakan orang terkaya di Asia. Dia mendapatkan USD5,5 miliar dari kenaikan saham perusahaanya, Cheung Kong, Hutchison Whampoa dan Husky Energy yang semuanya meningkat 10 persen atau lebih pada tahun lalu.

9. Liliane Bettencourt & keluarga

Pemilik L’Oreal ini memiliki kekayaan sebesar USD30 miliar. Di umurnya yang 90 tahun, dia juga didaulat menjai wanita terkaya di dunia. Dia dan keluarganya memiliki 30 persen saham di L’Oreal. Dia juga mendapatkan uang dari kenaikan harga saham perusahaan kosmetiknya di Prancis.

10. Bernard Arnault & keluarga

Chairman dan CEO LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton ini mengantongi kekayaan sebesar USD29 miliar. Bernard Arnault harus rela turun ke peringkat 10 dari sebelumnya di peringkat empat setelah kinerja penjualan LVMH mengalami penurunan, padahal harga sahamnya mengalami kenaikan sebesar 6 persen pada tahun lalu.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s