GERMAN OPEN 2013 : Bona/Afiat ke Babak Utama

MULHEIM, JERMAN – Sempat grogi, ganda putra Bona Septano/Afiat Yuris Wirawan lolos ke babak utama German Open Grand Prix Gold 2013, Selasa (26/2/2013).

Keduanya lolos setelah menang atas pasangan Hongkong, Chan Yun Lang/Lee Chun Hei, 19-21, 23-21, 21-10.

“Berhasil lolos dari saat-saat kritis di gim kedua membuat kami percaya diri. Pada awal permainan, kami sempat kewalahan dengan permainan lawan yang keras dan cepat,” ungkap Bona yang ditemui setelah pertandingannya.

Pada gim pertama, permainan berlangsung sengit, kedua pasangan saling berkejaran angka hingga 19-19. Sayangnya, setelah kehilangan gim pertama, Bona/Afiat tampak kehilangan kepercayaan diri dalam menghadapi lawannya. Bahkan, Bona sempat tiga kali salah mengantisipasi bola yang dikiranya keluar, tiga angka pun diraih Chan/Lee tanpa susah payah.

Pasangan Indonesia yang ketinggalan 11-14 sempat bangkit dan balik memimpin jadi 17-15. Namun, Chan/Lee yang sore ini tampil begitu percaya diri mampu mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 18-18.

Pertandingan makin menegangkan saat Chan/Lee menyamakan kedudukan 20-20. Satu pengembalian Lee yang menyangkut di net membuat Bona/Afiat mendapat kesempatan untuk “memperpanjang napas” dengan merebut gim kedua, 23-21. Chan/Lee ternyata tampil antiklimaks di gim penentuan. Bona/Afiat menang mudah dengan skor 21-10 dan memastikan tiket di babak utama.

“Kami sudah menemukan pola permainan yang tepat di gim ketiga. Kuncinya pengembalian bola setelah serve harus betul-betul dijaga, tidak seperti gim sebelumnya yang banyak lepas,” ujar Bona membeberkan kunci kemenangannya seperti dikutip badmintonindonesia.

Bona/Afiat merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang harus merangkak dari kualifikasi. Pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Vita Marissa, yang awalnya juga dijadwalkan bermain di kualifikasi, batal tampil di turnamen ini. Sementara ganda putri Vita Marissa/Variella Aprilsasi mendapat bye dan langsung bermain di main draw.

 SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s