Loco Moco, Nasi Lokal Jepang “Rasa” Hawaii

q1kXXcQnr4

JAKARTA – Perkawinan citarasa masakan dua atau lebih negara biasa terjadi pada sebuah sajian, kita mengenalnya dengan menu fusion. Contohnya loco moco, makanan dari Jepang yang mendapatkan pengaruh makanan Hawaii.

Dari segi nama, kedengarannya cukup unik, loco artinya “lokal” sedangkan moco berarti “nasi”. Menurut Shinjiro Asano dari Pearl Marketing Solution untuk Restoran Aloha Terrace, loco moco berasal dari dongeng di Hawaii.

“Ada satu anak laki-laki yang diminta masak oleh seseorang dengan bahan yang murah, proses memasak cepat dan hasilnya enak. Hasilnya itu, loco moco,” katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Menu loco moco terdiri dari nasi lokal Jepang yang pulen, diberi daging hamburger, telur ceplok, dan selada. Di atasnya disiram saus saus teriyaki dengan sentuhan saus tomat agar bisa memberikan sensasi rasa menyerupai sambal Indonesia. “Menu ini sebenarnya masih tahap riset, kami ingin tahu sebenarnya menu apa yang cocok dengan orang Indonesia,” lanjut Shinjiro.

Di Hawaii sendiri, dalam hidangan ini terdapat tambahan potongan buah-buahan segar. Daging yang digunakan pun daging babi, hanya saja di sini harus disesuaikan dengan orang Indonesia yang sebagaian besar Muslim. Nantinya, akan ditambah topping lagi sesuai dengan permintaan pengunjung.

Menu loco moco akan hadir di Dapur Iron Chef, Food Gallery, Plaza Senayan, Jakarta, mulai 26 Februari hingga 14 Maret 2013. Rencananya, Restoran Alloha Terrace akan menjadi restoran pertama yang menawarkan menu masakan Hawaii autentik di Indonesia.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s