Ajat Sudrajat vs David Bekam di Game “Dede-Laksamana”

1303324620X310

BANDUNG – Salah satu pasangan calon Pilkada Jawa Barat, Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana Zainal Lan, memilih game sebagai salah satu media kampanye mereka.

Game berjudul “Tendangan Maung” tersebut bisa dimainkan secara gratis di website kampanye. Sasarannya adalah kaum muda yang gemar bermain game maupun biasa memakai internet
dalam keseharian mereka.

Gameplay “Tendangan Maung” terbilang sederhana, pemain menggerakkan tokoh di sebelah kanan yang berusaha memasukkan bola yang ada di sebelah kiri, begitu pula yang dilakukan pemain lawan. Jadi, meskipun ini game bertema sepakbola, hanya ada dua pemain yang tampil di lapangan.

Game ini menggunakan pemain bernomor punggung 10, Ajat Sudrajat, yang melawan pemain bola internasional yang namanya diplesetkan menjadi David Bekam, Wayne Roni, maupun Maradono.

Uniknya, pemain bisa mengeluarkan gerakan khusus yang dipicu oleh kombinasi gerakan seperti tendangan yang keras, melompat tinggi, atau mundur ke belakang. Gerakan khusus itu tidak bisa dipakai serampangan karena bakal menghabiskan energi pemain.

Game “Tendangan Maung” tampak dipersiapkan secara khusus dengan memuat corak Persib, kesebelasan asal Bandung, serta istilah menggunakan bahasa Sunda. Mulai dari kaus biru yang dipakai Ajat, hingga nama dari gerakan khusus tersebut seperti Sima Maung, Loncat Maratan Langit,
atau Mundur Sakolejat. Tendangan Maung sendiri adalah salah satu jurus yang dipakai dalam game ini yakni kombinasi panah bawah, depan, dilanjutkan bilah spasi.

Menurut Sekretaris Tim Relawan Laksamana (Relaks), Mochamad Rasyid Ridlo, mereka sengaja memasang game tersebut untuk dimainkan para pemilih muda yang gemar bermain game. Misi kampanye tetap terpenuhi karena setiap gol tercipta akan muncul petikan dari visi-dan misi Dede-Laksamana.

“Penyempurnaan masih akan dilakukan dengan masukan dari para pemain. Tanggal 10 Februari nanti kami bakal menggelar kompetisi khusus,” ujar Rasyid, Kamis (7/2).

Penggunaan game sebagai media kampanye sebetulnya bukan hal yang baru di Indonesia. Pada pilkada DKI Jakarta tahun 2012, sudah ada game “Jokowi-Ahok: Selamatkan Jakarta” yang memiliki gameplay seperti Angry Birds. Kecenderungan ini sebetulnya sinyalemen positif bahwa game
sudah dianggap sebagai salah satu media komunikasi.

Peserta Pilkada Jabar 2013 disebutkan sesuai nomor urut peserta adalah Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib, Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim, Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana Zainal Lan, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, dan Rieke Diah
Pitaloka-Teten Masduki.

Game “Tendangan Maung” dapat dimainkan dari tautan berikut ini.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s