Gilas Malaga, Barca Ciptakan El Clasico

Selebrasi Lionel Messi usai membobol gawang Malaga (Foto: Reuters)

Selebrasi Lionel Messi usai membobol gawang Malaga (Foto: Reuters)

MALAGA – Barcelona mewujudkan semifinal impian di ajang Copa Del Rey. Menang 4-2 atas Malaga (agregat 6-4), El Barca menciptakan duel El Clasico kontra Real Madrid.

Namun tiket semifinal tidak didapat Barca dengan mudah. Mereka sempat mendapat perlawanan sengit dari Malaga, sebelum gol Andres Iniesta dan Lionel Messi di 15 menit terakhir laga, memastikan kemenangan sang juara bertahan.

Hasil 2-2 pada leg pertama, membuat tempo cepat langsung diperagakan kedua tim di Estadio La Rosaleda, Jumat (25/1/2013) dini hari WIB. Barca yang butuh menang untuk lolos, mengambil inisiatif lebih dulu. Serangan yang dibangun Los Azulgrana pun langsung membuahkan hasil pada menit ke-8.

Sedikit berbau offside, Dani Alves yang menerima umpan Xavi Hernandez di sisi kiri pertahanan Malaga, langsung melepas umpan ke muka gawang dan disambut tandukan Pedro Rodriguez untuk membobol gawang Carlos Kameni.

Namun, keunggulan Barca tidak bertahan lama. Empat menit berselang, Malaga sukses menyamakan kedudukan. Joaquin Sanchez yang menerima umpan terobosan Duda, sukses melepaskan tembakan terarah yang tak mampu dijangkau Pinto.

Skor 1-1 membuat jalannya pertandingan kian menarik, karena kedua tim tak canggung memainkan permainan terbuka, sehingga jual beli serangan pun tak terhindarkan.

Barca yang lebih dominan dalam penguasaan bola, punya dua peluang emas lewat Lionel Messi dan Andres Iniesta. Namun, pemain terbaik dunia dan Eropa itu harus gigit jari lantaran peluangnya dimentahkan Kameni yang tampil cukup sigap.

Memasuki menit ke-37, Barca kembali punya peluang. Iniesta memainkan umpan satu-dua dengan Messi. Sayang, eksekusi Iniesta masih melambung di atas mistar.

Malaga bukan tanpa peluang. Pada menit ke-38, Malaga punya peluang emas lewat tembakan keras Ignacio Camacho, yang tidak sempurna ditangkap Pinto. Beruntung bagi Barca, kiper veteran berambut kuncir kuda ini mampu mengamankan bola muntah, sebelum disambar pemain Malaga. Skor 1-1 menutup paruh pertama laga yang cukup menarik.

Memasuki paruh kedua laga, Barca langsung menggebrak. Iniesta mengirimkan umpan terukur ke arah Gerard Pique yang lolos dari jebakan offside. Dengan sekali kontrol, bek yang baru saja menjadi ayah ini sukses membobol gawang Kameni. Barca 2-1 Malaga.

Tertinggal, Malaga coba meningkatkan intensitas serangan. Namun, sejauh ini sejumlah peluang yang didapat selalu mampu dimentahkan Pinto maupun lini belakang Blaugrana. Pun demikian dengan Barca. Sejumlah peluang yang didapat Messi, Iniesta hingga Fabregas masih mampu diredam Kameni.

Upaya keras Malaga akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-68. Memanfaatkan serangan balik cepat, usai Messi gagal memaksimalkan peluang, plus Fabregas yang masih terbaring mengerang kesakitan akibat benturan dengan Kameni, Joaquin mengirim umpan ke Santa Cruz yang tak terkawal di depan kotak penalti.

Tanpa banyak aksi, mantan bomber Bayern Munich dan Manchester City ini melepaskan melepaskan tembakan mendatar keras yang sempat menyentuh tiang sebelum menghujam jala gawang Pinto. Skor 2-2 atau agregat sama kuat 4-4.

Barca langsung merespon dengan melakukan tekanan demi tekanan ke jantung pertahanan Malaga. Menit ke-76, Iniesta sukses membungkam publik Rosaleda. Memaksimalkan umpan cerdik Fabregas, Iniesta yang menusuk dari sisi kanan, sukses menaklukkan Kameni dengan tendangan terarah.

Barca kini di atas angin dengan keunggulan 3-2. Sementara Malaga butuh dua gol untuk bisa melaju ke semifinal, karena skor 3-3 tetap membuat mereka tersingkir karena kalah agregat gol tandang.

Namun, bukannya mengejar ketertinggalan, Malaga justru kembali kecolongan gol. Tepat di menit ke-80, Messi turut mencatatkan namanya di papan skor, lewat tandukan mematikan usai memanfaatkan crossing Alves.

Skor 4-2 bisa dibilang game over untuk Malaga. Pasalnya, skuad besutan Manuel Pellegrini kini dituntut mencetak tiga gol di sisa 10 menit laga. Sementara itu, punggawa Barca kian percaya diri dengan keunggulan tersebut. Alur serangan pun terus dialirkan, namun hingga wasit meniup peluit panjang, skor 4-2 untuk kemenangan Barca tidak berubah.

Dengan hasil ini, impian banyak kalangan pun terwujud. Di babak semifinal nanti, Barca akan menghadapi seteru abadinya Real Madrid yang sehari sebelumnya sudah memastikan tiket usai menyingkirkan Valencia. Madrid akan lebih dulu jadi tuan rumah pada 30 Januari, sementara leg kedua semifinal akan dimainkan di kandang Barca, Camp Nou pada 27 Februari 2013.

Susunan Pemain:
Malaga (4-4-2):
Kameni; Gamez, Demichelis, Weligton, Eliseu; Seba/Saviola (83′), Camacho, Iturra, Duda/Portillo (63′); Joaquin/Piazon (83′), Santa Cruz

Barcelona (4-3-3): Pinto; Alves, Pique, Mascherano, Alba/Adriano (90′); Xavi, Busquets, Cesc; Pedro/Alexis (87′), Messi/Thiago (82′), Iniesta.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s