PM Jepang Kutuk Keras Teror di Aljazair

PM Jepang, Shinzo Abe

PM Jepang, Shinzo Abe

TOKYO – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengutuk keras tindakan penyekapan yang dilakukan kelompok teroris di kilang gas Aljazair. Pemerintah Jepang bersama dengan negara terkait lainnya saat ini telah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin terkait penyelamatan warga negara mereka.

“Membunuh orang tak bersalah harus dikutuk, keselamatan orang menjadi yang utama harus dijaga,” kata PM Jepang Shinzo Abe di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 18 Januari 2013.

Abe mengatakan telah meminta kepada pemerintah Aljazair untuk terus memberikan informasi terkini mengenai aksi teror ini. Tak hanya itu, pemerintah Jepang juga meminta pemerintah Aljazair untuk menginstruksikan agar aksi teror tersebut segera dihentikan.

“Prioritas tertinggi Jepang adalah menyelamatkan warga negara kami. Kami juga telah meminta pemerintah Inggris untuk meminta Aljazair memprioritaskan keselamatan sandera-sandera tersebut,” ujarnya.

Seperti diketahui, PM Jepang Shinzo Abe terpaksa mempersingkat kunjungannya ke Indonesia hari ini karena peristiwa penyanderaan di Aljazair yang melibatkan beberapa warga Jepang. Dijadwalkan sebelumnya, setelah bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Abe akan menghadiri resepsi dan berpidato dalam rangka peningkatan hubungan Jepang dengan Indonesia dan para anggota ASEAN lainnya di suatu hotel di kawasan Bundaran HI. Namun, pidato itu batal.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s