Banjir, Semua Koridor Transjakarta Lumpuh

Puluhan armada transjakarta baru diparkir di Pool Pesing, Jakarta Barat, Minggu (13/1/2013). Pemerintah Prov DKI Jakarta terus mengembangkan angkutan massal berbasis bus itu dengan menambah jumlah armada, menambah koridor dan pengintegrasian antara transjakarta dengan angkutan umum lainnya.

Puluhan armada transjakarta baru diparkir di Pool Pesing, Jakarta Barat, Minggu (13/1/2013). Pemerintah Prov DKI Jakarta terus mengembangkan angkutan massal berbasis bus itu dengan menambah jumlah armada, menambah koridor dan pengintegrasian antara transjakarta dengan angkutan umum lainnya.

JAKARTA – Transportasi umum andalan warga Jakarta, transjakarta, untuk sementara tidak beroperasi di semua koridor. Hal ini disebabkan oleh genangan air berada hampir di semua ruas jalan yang dilalui oleh transjakarta.

“Untuk sementara, semua bus tidak beroperasi di semua koridor. Ada sebagian ruas jalan di masing-masing koridor yang tergenang air sehingga tidak bisa dilalui oleh bus,” kata Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta Muhammad Akbar saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (17/1/2013).

Dia melanjutkan, koridor I Transjakarta arah Blok M-Kota terhalang genangan air di Thamrin, koridor II arah Pulo Gadung-Harmoni terhalang genangan di Pulo Mas dan sebagian ruas jalan lainnya. Adapun koridor III arah Kalideres-Pasar Baru merupakan koridor yang mengalami banjir paling parah, yaitu di Daan Mogot, Dispenda, dan Rawa Buaya.

Koridor IV arah Pulo Gadung-Duku Atas, kata Akbar, terhalang banjir di Matraman dan Manggarai. Koridor V arah Ancol-Kampung Melayu terhambat genangan air di Pedongkelan Ancol dan sekitar Kampung Melayu yang tidak bisa dilalui transjakarta. Koridor VI arah Duku Atas-Ragunan terhalang genangan air di Ragunan sehingga kendaraan tidak bisa melintas di ruas jalan tersebut.

Koridor VII arah Kampung Melayu-Kampung Rambutan tergenang air di ruas jalan Kampung Melayu sepanjang Otista. Adapun koridor VIII arah Lebak Bulus-Harmoni tak bisa dilalui transjakarta karena juga melalui jalan-jalan di Daan Mogot yang terpantau banjir.

Akbar melanjutkan, koridor IX arah Pinang Ranti-Pluit tidak dapat dilalui karena genangan air di Grogol yang tingginya hampir 80 sentimeter. Koridor X arah Tanjung Priok-Cililitan tak dapat dilalui karena genangan air di Plumpang dan Kebon Nanas. Terakhir, koridor XI arah Kampung Melayu-Wali Kota Jakarta Timur tak dapat beroperasi karena genangan air di ruas jalan Otista.

Akbar mengatakan, pihak Transjakarta belum mengetahui berapa lama armada mereka tidak beroperasi. Transjakarta akan kembali beroperasi saat ruas-ruas jalan yang tergenang air sudah surut dan bisa dilalui bus.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s