Dokter Paling Terkenal di AS Memeluk Islam

90f511771ed740ae9e6f31fa206722b5

WASHINGTON – Penonton acara talk show populer Amerika, The Oprah Winfrey Show, pasti sudah tidak asing pada sosok Dokter Oz. Dialah seorang dokter yang kerap mengisi tema kesehatan di acara talk show paling populer di dunia itu.

Selain di acara Oprah, Oz juga kerap mengisi acara Larry King Live. Sejak tahun 2009, Dokter Oz memiliki program acara televisi yang diproduksi Harpo Productions dengan judul The Dr Oz Show.

Namun, tahukah anda siapa sosok sebenarnya dari dokter paling terkenal di Amerika saat ini tersebut? Dr Oz memiliki nama lengkap Dr Mehmet Cengiz Oz. Dia adalah ahli bedah jantung dari Harvard University.

Dari namanya, orang bisa menebak bahwa Oz alias Mehmet memiliki darah Turki. Ibunya bernama Suna dan berayahkan Mustafa Oz. Keduanya merupakan orang terpandang di Turki. Ayah dan ibu Oz kemudian menyebrang ke Amerika pada 1955. Lima tahun berselang, lahirlah Oz.

Dalam sebuah wawancara yang dilansir The Root, Oz mengungkapkan bahwa sejak kecil dirinya didik oleh dua gaya muslim berbeda. “Saya dididik oleh ibu yang Islam sekuler, Namun ayah saya sangat teguh memegang prinsip Islam,” ujarnya.

Hingga kini, dia mengaku masih memeluk Islam. Oz mengatakan bahwa gaya sufi islam sangat mempengaruhi dirinya. Kendati menjadi dokter paling terkenal di Amerika saat ini, Oz tidak lantas melupakan identitasnya sebagai seorang Turki.

Oz bahkan tetap mempertahankan kewarganegaraan Turkinya bersama statusnya sebagai seorang Amerika. Saking cintanya pada Turki, Oz rela menjadi sukarelawan sebagai tenaga kesehatan di militer Turki.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s