Krisis Keuangan, Malaga Dilarang Berlaga di Eropa

Pelatih Malaga, Manuel Pellegrini, menyelamati para pemainnya dan merayakan keberhasilan lolos ke penyisihan grup Liga Champions 2012/13 setelah menahan Panathinaikos tanpa gol dalam babak playoff di Stadion Olimpiade, Athena, Selasa (28/8/2012). Malaga lolos ke babak utama dengan kemenangan agregat 2-0.

NYON, SWISS – UEFA merilis pernyataan resmi yang akan mencoret partisipasi Malaga dari kompetisi Eropa karena gagal mencapai kualifikasi keuangan yang telah distandarkan.

“Klub itu dilarang berpartisipasi dalam kompetisi di bawah UEFA meskipun mereka lolos dalam empat musim ke depan (2013/14, 2014/15, 2015/16, 2016/17),” tulis pernyataan UEFA.

“Untuk itu, Malaga tak akan disertakan dalam kompetisi di bawah UEFA meski mereka lolos kualifikasi dalam empat musim mendatang jika tidak dapat membuktikan, hingga 31 Maret 2013, bahwa mereka dapat membayar kewajiban finansial klub kepada para pegawainya dan/atau pihak berwenang sosial/pajak, yang didasarkan pada Regulasi Financial Fair Play dan Club Licensing UEFA,” lanjut pernyataan tersebut.

Musim ini, Malaga lolos dari babak kualifikasi Liga Champions dengan status sebagai klub peringkat keempat akhir Liga BBVA. Pasukan Manuel Pellegrini lolos dari jeratan penyisihan grup dan malah menjadi juara dengan menyingkirkan AC Milan (runner-up grup) plus menendang Zenit St Petersburg dari kancah persaingan.

Namun, krisis finansial sepanjang musim panas lalu membuat UEFA memberi sanksi kepada pihak klub. Ironisnya lagi, klub Andalusia itu tengah berada dalam trek untuk mengakhiri Liga BBVA musim ini sebagai tim keempat terbaik setelah Barcelona, Atletico Madrid, dan Real Madrid.

Musim ini, klub Istanbul, Besiktas, tak diizinkan UEFA berpartisipasi dalam Liga Europa akibat terbelit masalah keuangan.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s