Park Geun-hye, Presiden Wanita Pertama Korsel

Park Geun-hye, Presiden Wanita Pertama Korsel

Park Geun-hye akhirnya memenangkan pemilihan presiden Korea Selatan dan menjadi pemimpin perempuan negeri itu.

SEOUL, KOREA SELATAN – Korea Selatan, Rabu (19/12/2012), akhirnya memilih Park Geun-hye sebagai presiden baru negeri itu sekaligus menjadikan dia pemimpin perempuan pertama Korea Selatan. Park menang tipis atas pesaingnya Moon Jae-in.

Setelah 85 persen suara dihitung, putri mantan diktator Korea Selatan itu masih unggul dengan perolehan suara 51,5 persen, sementara Moon Jae-in hanya memperoleh 48 persen suara.

Sebagai pemimpin negara dengan kekuatan ekonomi terbesar keempat di Asia, Park (60) akan menghadapi banyak tantangan dalam memimpin negeri itu. Beberapa tantangan antara lain menjaga hubungan dengan Korea Utara, melambatnya perekonomian Korsel, dan meningkatnya biaya kesejahteraan rakyat.

Dalam kampanyenya, Park menekankan pesan demokratisasi ekonomi, mencoba mengurangi disparitas sosial dengan pembangunan ekonomi yang cepat, serta menjanjikan lapangan pekerjaan dan meningkatkan biaya kesejahteraan rakyat.

“Saya akan menjadi presiden yang memenuhi semua janji yang saya buat di hadapan rakyat,” kata Park kepada pendukungnya yang bersorak-sorai di pusat kota Seoul.

Dibandingkan Moon, Park jauh lebih memahami pentingnya mempertahankan kekuasaan para konglomerat negeri itu yang mendominasi roda perekonomian negeri itu.

Sementara itu, untuk urusan Korea Utara, Park menjanjikan kebijakan mempererat hubungan sekaligus memperkuat kewaspadaan. Park juga melihat prospek pertemuan tingkat tinggi dengan pemimpin Korut Kim Jong-Un yang berkuasa tahun lalu.

Dia juga menunjukkan keinginan untuk kembali mengirim bantuan kemanusiaan ke Korea Utara yang dibekukan Presiden Lee Myung-bak.

Dalam upayanya melakukan rekonsiliasi nasional, secara terbuka, Park meminta maaf atas kerasnya rezim pemerintahan ayahnya pada masa lalu.

Di sisi lain, Moon Jae-in menerima kekalahan pahitnya ini dengan lapang dada. “Saya dengan rendah hati menerima hasil pemilihan umum,” ujar Moon.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s