Taufik Hidayat Pastikan Lima Tunggal Putra Indonesia ke Babak Kedua

MACAU – Taufik Hidayat melaju ke babak kedua turnamen Makau Terbuka Grand Prix Gold yang berlangsung di Macau Forum. Pada pertandingan babak pertama turnamen berhadiah 120.000 dollar AS itu, Selasa (27/11/2012), pemain veteran yang ditempatkan sebagai unggulan ketiga ini menang 23-21, 21-16 atas pemain Taiwan, Chu Han Chou.

Keberhasilan Taufik membuat Indonesia meloloskan lima wakil tunggal putra untuk tampil di babak kedua, Rabu (28/11), yaitu Andre Kurniawan Tedjono, Dionysius Hayom Rumbaka, Riyanto Subagja, dan Wisnu Yuli Prasetyo. Dua pemain lainnya, yaitu unggulan kedelapan Tommy Sugiarto dan unggulan kesembilan Alamsyah Yunus harus angkat koper terlebih dahulu, karena gagal melewati halangan para musuhnya.

Di babak kedua, Taufik akan bertemu Ivan Sozonov. Pemain Rusia ini lolos setelah menang 21-19, 16-21, 21-19 atas pemain Amerika Serikat, Sattawat Pongnairat. Jika terus melangkah, di babak ketiga Taufik bakal bertemu pemain China, Qiao Bin atau Gao Huan, yang akan saling mengalahkan di babak kedua.

Taufik berada di jalur yang “empuk” karena di paruh atas undian, tak ada pemain top. Unggulan tertinggi yang bakal jadi rintangannya adalah pemain Hongkong, Wong Wing Ki (unggulan ke-5), atau sesama pemain Indonesia, Andre Kurniawan, yang ditempatkan sebagai unggulan ke-14. Jika tak ada kejutan, Taufik akan bertemu satu di antara dua unggulan tersebut di perempat final.

Dalam pertandingan melawan Chu yang berdurasi 39 menit ini, Taufik memperlihatkan mental juara serta pengalamannya mengatasi tekanan. Dalam duel dua game itu, Taufik selalu tertinggal dan balik unggul menjelang akhir pertandingan.

Di game pembuka, Taufik sempat tertinggal 13-17 dan berada dalam posisi kritis saat Chu membuat game poin dalam kedudukan 20-18. Tetapi secara perlahan dia terus merangkak dan memangkas jarak hingga memaksa deuce, yang kemudian diakhirinya dengan kemenangan 23-21.

Pada game kedua, Taufik kembali tertinggal sejak skor imbang 7-7. Chu meraup tiga poin untuk memimpin 10-7 dan terus berada di depan sampai kedudukan 16-13. Tetapi setelah itu, Taufik bisa menghentikan laju Chu dengan menyapu bersih delapan poin tersisa untuk menang 21-16, dan berhak lolos ke babak kedua.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s