Fuleco, Nama Maskot Piala Dunia Brasil 2014

Rio de Janeiro – Resmi sudah apa nama yang dipilih FIFA untuk maskot Piala Dunia 2014. Nama tersebut adalah Fuleco, yang merupakan akronim dari kata ‘futebol’ (sepakbola dalam bahasa Brasil) dan ‘ecologia’ (ekologi).

Sebelumnya ada dua nama, yakni “Zuzeco” dan “Amijubi”, yang juga menjadi kandidat nama maskot tersebut. Setelah dilakukan polling online yang melibatkan sekitar 1,7 juta orang, nyaris lebih dari separuhnya (48%) memilih nama “Fuleco”. Sementara “Zuzeco” (31%) dan “Amijubi” (17%).

Nama “Fuleco” dinilai sejalan dengan tema besar FIFA dalam Piala Dunia 2014 tentang kesadaran akan lingkungan. Dalam sebuah jaring pendapat, FIFA menyebutkan, 90% persen masyarakat Brasil juga setuju dengan pemilihan tema tersebut dan karakter “Fuleco” pun juga dinilai sangat cocok dengan tema lingkungan.

“Fuleco” sendiri sejatinya adalah seekor armadillo (Tolypeutes tricinctus) atau sejenis trenggiling yang sudah terhitung langka dan hidup di wilayah benua Amerika. Di Brasil, Armadillo hidup di daerah kering bagian timur laut dan terancam punah karena habitatnya rusak.

Tradisi maskot dalam Piala Dunia dimulai sejak Piala Dunia 1966 di Inggris. Kala itu Inggris memilih maskot yang merupakan seekor singa dengan nama “World Cup Willie”. Hingga kemudian di Piala Dunia 2010 teranyar di Afrika Selatan lalu, ada nama “Zakumi” yang merupakan seekor leopard (macan tutul) dengan rambut nyentrik berwarna hijau.

Kini giliran “Fuleco” yang hadir sebagai maskot dalam turnamen sepakbola sejagat empat tahunan tersebut.

SUMBER

One thought on “Fuleco, Nama Maskot Piala Dunia Brasil 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s