Skuad Siap, Nil Yakin Indonesia Menang Lawan Laos

Nil Maizar

KUALA LUMPUR – Pelatih Tim Nasional Indonesia, Nil Maizar, menargetkan kemenangan saat melawan Laos pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Minggu (25/11/2012).

Demikian disampaikan Nil usai timnas menggelar latihan terakhir di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (20/11/2012) pagi.

“Lawan Laos, alhamdulillah anak-anak fresh lagi. Kami ingin menang di laga pertama sehingga pemain harus bisa memberikan yang terbaik. Kondisi dijaga dan jangan sampai drop. Mudah-mudahan ada hasilnya,” beber Nil.

Sebanyak 23 pemain mengikuti latihan terakhir. Latihan diawali dengan pemanasan dan umpan-umpan satu dua. Setelah itu, para penggawa timnas menjalani simulasi permainan dengan durasi 2×10 menit.

Nil Maizar membagi pemain menjadi dua tim yakni tim hijau dan orange. Tim hijau diperkuat oleh kiper Wahyu Tri Nugroho, Tonnie Cussel, Bambang Pamungkas, Irfan Bachdim, Wahyu Wijiastanto, Taufiq, Andik Vermanyah, Handi, Oktovianus Maniani, Novan Setya, dan Nopendi.

Adapun tim oranye diisi oleh Valentino, Rasyid Bakrie, Arthur Irawan, Jhonny van Beukering, Vendry Moffu, Elie Aiboy, M Rachmat, Corneluis Gedy, Samsul Arif, Fachrudin, dan kiper Endra Prastya.

Setelah babak pertama usai dengan keunggulan tiga gol tanpa balas bagi tim hijau, Nil Maizar mengistirahatkan Handi dan memainkan Raphael Maitimo. Pemain naturalisasi asal Belanda tersebut bergabung dengan tim hijau. Tidak hanya itu, Nil juga menukar Bambang dan Van Beukering. Nil menjelaskan tujuan dari latihan ini untuk mematangkan taktik dan strategi.

“Penekanannya bagaimana membangun lini antar lini. Tidak ada jarak. Untuk masalah komunikasi di antara pemain naturalisasi dan lokal tidak ada hambatan,” tuturnya.

Indonesia sendiri dijadwalkan bertolak Malaysia pada Rabu (21/11/2012) pagi. Tim “Merah Putih” bersaing dengan Laos, Singapura, dan tuan rumah Malaysia. Di laga perdana, Indonesia akan menantang Laos pada 25 November.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s