Tumpas Zaragoza, Barca Nyaman di Singgasana

BARCELONA – Dua pemain impor menjadi aktor-aktor Barcelona saat menumpas Real Zaragoza 3-1 di Stadion Camp Nou, Sabtu atau Minggu (18/11/2012) dini hari WIB. “El Barca” pun tak tersentuh di puncak klasemen sementara berkat poin penuh tersebut.

Barcelona butuh sembilan menit untuk mendapatkan peluang pertama. Dari sayap kiri, Jordi Alba mengirimkan umpan kepada Andres Iniesta. Pemain Terbaik Eropa 2012 itu pun melesatkan bola dengan kaki kanannya, namun terhalang pertahanan rapat Zaragoza.

Setelah itu, kedua tim saling mengimbangi, meski “El Barca” masih dominan dengan bola dari kaki ke kaki. Hasilnya terlihat pada menit ke-16. Berkat umpan Alba, Lionel Messi menggiring bola mengiris pertahanan Zaragoza dan menaklukkan kiper Roberto Gago.

Pada menit ke-22, Zaragoza mendapatkan peluang bagus. Menyambut umpan lambung Franco Zuculini di depan gawang Victor Valdes, Francisco Montanes melepas tembakan kaki kiri dari jarak dekat. Sayang, bola masih melenceng ke kiri.

Dua menit kemudian, Zaragoza mendapatkan gol penyama kedudukan. Montanes kali ini tak menyia-nyiakan peluang di depan gawang. Bola liar mendatar hasil sepak pojok, dilesakkannya dengan sepakan keras dan membentur kaki Carles Puyol. Bola berbelok ke sebelah kanan dan Valdes pun terpedaya.

Barca hanya butuh empat menit untuk kembali berada di atas angin. Adalah Messi yang mengiris sisi kanan jantung Zaragoza dan mengirimkan umpan mendatar ke mulut gawang. Alex Song pun dengan mudah melesakkan bola yang sempat mengenai kaki sejumlah pemain Zaragoza yang berada di kotak 16. Raksasa Catalan pun unggul 2-1.

Di paruh kedua, dominasi Barca masih jelas terlihat. Apalagi setelah laga memasuki menit ke-60. Messi menyunting gol keduanya dalam pertandingan itu, dengan memanfaatkan umpan Martin Montoya. Sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti Zaragoza, gagal dihadang Roberto. Itu merupakan gol ke-17 Messi dalam 12 partai Liga BBVA dan ia pun unggul lima gol atas pesaing terberatnya, Cristiano Ronaldo, dalam pacuan top scorer.

Tim asuhan Manuel Jimenez berusaha membalas. Enam menit setelah gol Messi, Zaragoza mendapatkan peluang. Namun, tembakan lesatan kaki kiri Carlos Aranda dari luar kotak penalti, masih mampu dimentahkan Valdes.

Pada menit ke-71, giliran Alvaro Gonzalez yang memperoleh kesempatan menambah pundi-pundi gol Zaragoza. Sayangnya, umpan lambung Apono gagal dimaksimalkannya dengan sundulan. Bola masih melenceng ke kanan jala Valdes.

Hingga menit ke-75, Zaragoza mendapatkan dua peluang dari Gonzalez dan Helder Postiga. Namun, gagal berbuah gol.

Sepuluh menit jelang bubaran, malah Barca yang nyaris memperbesar kemenangan. Untung bagi Zaragoza, sepakan keras kaki kanan Iniesta masih membentur mistar gawang Roberto.

Hingga peluit panjang, “El Azulgrana” sukses mempertahanan kemenangan 3-1 sekaligus tetap berada di puncak singgasana sementara Liga BBVA, dengan koleksi 34 poin atau unggul enam poin atas rival terdekatnya, Atletico Madrid.

Sementara Zaragoza berada di posisi ke-11 dengan raihan 15 angka.

Susunan Pemain
Barcelona (4-3-3):
1-Victor Valdes; 19-Martin Montoya, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol (15-Marc Bartra 75), 18-Jordi Alba; 25-Alex Song, 6-Xavi, 8-Andres Iniesta; 7-David Villa (37-Cristian Tello 61), 10-Lionel Messi, 17-Pedro (4-Cesc Fabregas 78)
Pelatih: Tito Vilanova

Zaragoza (4-4-2): 1-Roberto Gago; 3-Javier Paredes, 4-Alvaro, 6-Bayon Samuel, 22-Adam Pinter; 2-Jose Maria Movilla, 11-Francisco Montanes, 20-Franco Zuculini (18-Lucas Wilchez 58), 32-Victor Rodriguez (9-Helder Postiga 73); 7-Carlos Aranda (17-Stefan Babovic 81), 10-Apono
Pelatih: Manuel Jimenez

Wasit: Ayza Gamez

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s