5 Fotografer Wanita yang Inspirasional

Annie Leibovits, Cindy Sherman atau Diane Arbus adalah nama-nama yang mungkin sudah tak asing lagi saat menyinggung mengenai fotografer wanita. Namun selain nama-nama yang disebutkan tersebut, tentunya masih banyak fotografer lain yang karyanya tak kalah memukau dan inspirasional.

Seperti dilansir HuffingtonPost, Rabu (14/11/2012), berikut beberapa fotografer yang juga mendapat banyak pengakuan atas talenta yang dimilikinya:

1. Madame Yevonde

Ia adalah fotografer Inggris di awal abad ke-20. Wanita ini dikenal salah satunya sebagai pionir dalam penggunaan warna di fotografi portrait.

Yevonde juga diakui sebagai sosok yang memberikan perhatian lebih pada hak-hak wanita.

Salah satu foto berserinya yang sangat terkenal adalah The Goddesses. Namun sejatinya, sebelum menghasilkan rangkaian foto wanita aristokrat yang didandani sebagai dewi di tahun 1935 tersebut, ia sudah menjadi fotografer yang sukses.

2. Tina Modotti

Seorang fotografer Italia yang juga model, aktris dan aktivis politik. Ia bertemu dengan fotografer Edward Weston di tahun 1921 dan pindah dengannya ke Meksiko pada tahun 1923.

Berkat peran besar Weston yang juga adalah kekasihnya itulah ia serius bergelut dengan fotografi,.

Manuel Alvares Bravo, fotografer dari Meksiko membagi karir Modotti sebagai fotografer ke dalam dua kategori, yakni Romantic dan Revolutionary.

3. Grete Stern

Grete Stern lahir di Jerman. Ia mendirikan studio foto bernama ringl + pit bersama temannya, Ellen Auerbach yang mengkhususkan pada advertising.

Ia migrasi ke Buenos Aires pada tahun 1935. Di tahun 1948, ia membuat 150 photomontage bernama Suenos (dreams) yang disebut-sebut karya paling brilian, di mana menggambarkan sisi psikologis wanita di era tersebut.

4. Ruth Orkin

Ruth Orkin memulai karirnya sebagai fotografer nightclub. Ia lantas menjadi fotografer paruh waktu sukses dan telah berkelana ke seluruh penjuru dunia.

Orkin pernah berkontribusi untuk Life, Look, Ladies’ Home Journal dan lain-lain. Salah satu karyanya yang mahsyur adalah American Girl in Italy di mana diambil pada tahun 1951. Karyanya yang tak kalah spektakulernya adalah A World Through My Window, foto berseri yang diambil dari apartemennya di New York.

5. Imogen Cunningham

Ia adalah salah satu fotografer wanita Amerika terhebat. Ia pernah mendalami nude photography, botanical photography hingga street photography.

8 dari 10 fotonya pernah dipamerkan di pameran bergengsi Film and Foto Exhibition di Stuttgart, Jerman.

Karir di jagad fotografinya sangat panjang dan ia masih setia mengambil gambar hingga ajal memanggilnya di usia 93 tahun.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s