Tahun Depan, New York Larang “Soft Drink”

Mulai tahun depan, menjual minuman ringan seperti ini lebih dari 0,5 liter dilarang di New York.

NEW YORK – Tak lama lagi warga New York, AS akan kesulitan mencari minuman ringan atau soft drink dalam ukuran besar. Penyebabnya adalah Dinas Kesehatan New York telah menyetujui larangan penjualan minuman ringan dengan ukuran lebih dari setengah liter.

Keputusan ini adalah bagian dari rangkaian kebijakan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat New York yang dipelopori Walikota Michael Bloomberg.

Dengan putusan ini maka penjualan minuman ringan dalam ukuran besar dilarang di semua tempat termasuk restoran, bioskop, stadion dan gelanggang olah raga.

Tetapi aturan baru ini tidak mencakup minuman diet, minuman yang dijual di supermarket dan mini market.

Barangsiapa melanggar aturan ini terancam hukuman denda 200 dolar Amerika atau sekitar Rp 1,9 juta.

Sebelumnya industri makanan siap saji terlah berupaya melakukan lobi demi menggagalkan aturan ini. Dan mereka masih bertekad melawan saat aturan ini diberlakukan pada Maret tahun depan.

“Sangat menyedihkan pemerintah ingin membatasi pilihan minuman warga,” kata Ketua Masyarakat New York untuk Kebebasan Minuman, Liz Berman.

“Warga sudah cukup cerdas untuk memilih makanan atau minuman yang akan dikonsumsi,” tambah dia.

Namun, Komisioner Kesehatan New York, Thomas Farley menganggap aturan soal minuman ringan ini adalah sebuah langkah bersejarah untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat masa kini.

Farley menambahkan jika aturan ini bisa membuat warga New York hanya mengkonsumsi minuman ringan sebanyak setengah liter setiap dua pekan, maka warga New York bisa mencegah penambahan berat badan sebesar hampir 5 kg per tahun. “Aturan ini akan memperlambat epidemi obesitas dan menghindarkan lebih banyak penyakit yang tak perlu,” kata Farley.

Berdasarkan data Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), sekitar sepertiga warga AS menderita kelebihan berat badan. Tak hanya itu, sekitar 10 persen dari biaya kesehatan negeri itu dikeluarkan untuk penyakit yang berkaitan dengan obesitas.

sumber : http://internasional.kompas.com/read/2012/09/14/1214161/Tahun.Depan.New.York.Larang.Soft.Drink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s