Sepak Terjang 8 Putra-putri Presiden AS

 

Sebagai anak orang nomor satu di Amerika Serikat (AS) pada masing-masing periode, sepak terjang putra-putri presiden maupun mantan presiden AS tentunya selalu mendapat sorotan media. Bahkan gerak-gerik dan keseharian mereka tak luput dari pantauan publik.

Tentunya tidak mudah untuk selalu bersikap baik dan positif di hadapan publik. Sebagai manusia biasa, terkadang ada kalanya sifat-sifat asli para putra dan putri presiden AS ini terungkap. Mulai dari kegemaran berpesta dan minum alkohol, memakai narkoba, dan sebagainya.

Namun demikian, tidak sedikit juga kiprah-kiprah positif yang dilakukan putra dan putri orang nomor satu di AS pada masing-masing periode. Inilah 8 sepak terjang putra-putri Presiden AS yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. BARBARA PIERCE BUSH

Barbara merupakan anak tertua pasangan Presiden AS ke-43 George Bush dan Laura Bush. Barbara memiliki seorang saudra kembar yang bernama Jenna. Keduanya sama-sama lahir pada 25 November 1981.

Wanita yang mengenyam pendidikan di Yale University ini sangat aktif dalam serangkaian kegiatan sosial dan kemanusiaan. Barbara pernah mengabdikan diri membantu para pasien AIDS di sejumlah wilayah Afrika, seperti Tanzania, Afrika Selatan, dan Botswana, melalui sebuah program yang disponsori oleh Baylor College of Medicine’s International Pediatrics AIDS Initiative. Wanita yang kini bekerja di Cooper-Hewitt National Design Museum ini, merupakan co-founder dan juga presiden dari organisasi non-profit yang bergerak pada bidang kesehatan publik, Global Health Corps.

Pada tahun 2011 lalu, Barbara merilis sebuah video kampanye bersama Human Rights Campaign, sebuah organisasi yang bergerak memperjuangkan hak-hak LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, and Transgender). Video tersebut menyerukan legalisasi pernikahan sesama jenis di New York.

Bersama dengan anak-anak politisi Republik ternama lainnya, seperti Meghan McCain dan Mary Cheney, Barbara terang-terangan menunjukkan dukungannya terhadap pernikahan sesama jenis.

2. JENNA BUSH HAGER

Jenna merupakan anak bungsu pasangan presiden AS ke-43 George Bush dan Laura Bush. Jenna yang merupakan saudara kembar Barbara, lahir pada 25 November 1981. Jenna menikah dengan putra politisi Partai Republik Henry Hager (30) pada Sabtu 10 Mei 2008. Kini, Jenna menjadi salah satu koresponden bagi acara talk show stasiun televisi NBC, Today Show.

Yang menarik, Jenna bersama dengan kakaknya pernah menjadi pemberitaan halaman utama media-media AS pada tahun April 2001 lalu. Saat itu, Jenna dan Barbara ditangkap polisi karena mengkonsumsi alkohol saat masih di bawah umur. Keduanya dikenai dua dakwaan yang sama dalam waktu 5 minggu.

Jenna dijerat pidana karena memiliki alkohol padahal masih di bawah usia 21 tahun. Kemudian pada Mei 2001, Jenna juga dijerat pidana lainnya, yakni mengunakan indentitas palsu untuk membeli alkohol.

3. JACK CARTER

https://i0.wp.com/img.timeinc.net/time/quotes/2006/10/1030_carter.jpg

Jack atau yang bernama lengkap John William Carter ini merupakan anak tertua Presiden AS ke-39 Jimmy Carter dan Rosalynn. Jack yang lahir pada 3 Juli 1947 ini merupakan seorang pebisnis yang berhasil menjadi Senator Nevada pada tahun 2006 lalu.

Jack tergabung dalam Angkatan Laut Militer (Navy) AS pada tahun 1968, di mana dia pernah diterjunkan saat Perang Vietnam. Semasa mengabdi, dia pernah menerima gelar jenderal kehormatan. Meskipun pada akhir tahun 1970-an, Jack dan 53 rekan satu angkatannya pernah tertangkap basah merokok ganja di sekolah mereka di Navy Nuclear Power School di Idaho Falls, Idaho.

Tidak banyak informasi mengenai insiden ini, namun diketahui bahwa Jack kemudian memutuskan mengambil kuliah di Georgia Tech dan berhasil meraih gelar sarjana untuk jurusan Fisika Nuklir. Jack juga sempat mengambil sekolah hukum di University of Georgia dan berhasil meraih gelar Juris Doctor pada tahun 1975.

4. CHELSEA CLINTON

Chelsea Victoria Clinton merupakan anak tunggal Presiden AS ke-42 Bill Cinton dan Hillary Clinton. Chelsea kini dikenal sebagai Koresponden Khusus untuk stasiun televisi NBC News dan mengepalai sejumlah yayasan milik keluarganya.

Ada cerita menarik ketika Chelsea tampil perdana sebagai reporter NBC pada akhir tahun 2011 lalu. Karier Chelsea di salah satu jaringan TV terbesar di AS ini sempat memicu sejumlah pergunjingan, sebab tidak banyak anak mantan presiden yang memilih menjadi wartawan.

Ada pihak yang mengkritiknya karena terjun menjadi reporter tanpa memiliki pengalaman jurnalistik, sementara pihak lainnya menduga debut Chelsea sebagai batu loncatan untuk terjun ke dunia politik. Berbagai macam pendapat ini tidak terlepas dari sosok Chelsea (31) yang selama ini dikenal jauh dari sorotan media maupun publik. Bahkan pernikahannya dengan seorang pegawai perusahaan saham bernama Marc Mezvinsky pada tahun 2010 lalu nyaris tak tersorot media.

Keputusan Chelsea untuk menjalani sebuah pekerjaan yang bersentuhan langsung dengan media ini dinilai sedikit ‘aneh’. Muncul kritikan dari beberapa pihak yang meragukan pengalaman jurnalistik yang dimiliki Chelsea. Seperti diketahui, NBC merupakan salah satu stasiun televisi nasional di Amerika Serikat (AS) yang memiliki jaringan terbesar. Tentu saja tidak mudah untuk menjadi salah satu jurnalis NBC. Kemunculan Chelsea sebagai reporter dalam program NBC Rock Center maupun sebagai koresponden khusus dalam program ‘Make a Difference’ untuk 3 bulan kemudian mengundang tanda tanya.

Yang menarik lainnya, Chelsea pernah mengikuti sekolah balet selama beberapa tahun di Washington School of Ballet. Melakoni balet sejak kecil, Chelsea pun terpilih memerankan karakter Favorite Aunt pada tahun 1993 dan juga dalam kisah terkenal The Nutcracker.

5. MAUREEN REAGAN

Maureen Elizabeth Reagan merupakan putri pertama pasangan Presiden AS Ronald Reagan dengan istri pertamanya, artis Jane Wyman. Sepanjang sejarah AS, Maureen dikenal sebagai putri presiden AS yang pertama kali menjalani karier politik.

Namun sayangnya usaha untuk mendapat posisi politik dalam pemerintahan AS selalu kandas, di mana pada tahun 1982 dia mencalonkan diri sebagai Senator California dan pada tahun 1992 mencalonkan diri sebagai anggota parlemen mewakili wilayah California.

Setelah ayahnya divonis menderita Alzheimer pada tahun 1994, Maureen pun memutuskan menjadi salah satu anggota dalam kepengurusan Asosiasi Alzheimer AS. Namun sayangnya, beberapa tahun kemudian, Mauren didiagnosa menderita kanker melanoma stadium akhir. Maureen pun meninggal dunia pada 8 Agustus 2001 dalam usia 60 tahun.

6. CAROLINE KENNEDY

Caroline Bouvier Kennedy merupakan putri pasangan presiden AS John F Kennedy dan Jacqueline. Caroline yang lahir pada 27 November 1957 ini dikenal sebagai seorang penulis buku dan juga pengacara.

Caroline aktif dalam sejumlah kegiatan pada sejumlah organisasi non-profit di AS. Pada tahun 2002-2004, Caroline menjadi Direktur Kantor Kemitraan Strategis Departemen Pendidikan New York. Pekerjaan yang dijalaninya selama 3 hari seminggu ini hanya menghasilkan gaji sebesar US$ 1 dan bertujuan untuk menghimpun dana bagi sekolah-sekolah umum di kota New York. Saat itu, Caroline berhasil meraup dana lebih dari US$ 65 juta bagi sekolah-sekolah umum di New York.

Pada tahun 1989, Caroline dan keluarganya menciptakan sebuah penghargaan bagi tokoh masyarakat maupun pejabat yang kiprahnya mampu menujukkan kepemimpinan yang berani dan demokratis. Penghargaan ini diberi nama Profile in Courage Award, yang didasarkan pada buku JFK. Caroline merupakan Presiden Yayasan Kennedy dan juga menjadi penasihat pada Institut Politik Harvard. Kiprahnya dalam dunia pendidikan tidak bisa dihitung dengan jari mengingat Caroline sangat aktif dalam sejumlah organisasi non-profit.

7. JAMES ROOSEVELT

James merupakan putra tertua pasangan Presiden AS Franklin Delano Rooselvet. Pria yang lahir pada 23 Desember 1907 ini memiliki beragam profesi semasa hidupnya, mulai dari anggota parlemen AS, perwira dalam korps Marinir AS, penasihat ayahnya yang presiden AS, menjadi Sekretaris Presiden AS, aktivis Partai Demokrat, dan juga seorang pebisnis.

Karier politiknya mulai mencuat ketika Sekretaris Presiden Louis McHenry Howe meninggal dunia pada 1936. James pun secara resmi mulai mengambil alih tugas-tugas Howe. Pada November 1936, James bergabung dalam Marinir AS. Dia sempat menemani ayahnya dalam pertemuan kenegaraan di Buenos Aires, Argentina, dengan menjadi ajudan militer.

Pada Januari 1937, James resmi ditunjuk menjadi ‘asisten administratif presiden AS. Pada Juli 1937, James pun ditunjuk menjadi Sekretaris Presiden AS. Dia juga menjadi koordinator Gedung Putih dan mengepalai 17 agensi federal pada Oktober 1937. James dinilai sebagai penasihat presiden paling penting pada masa kepemimpinan Franklin Roosevelt. Majalah Time bahkan mengusulkan agar dia disebut sebagai ‘Asisten Presiden AS’.

Pada Juli 1938, James menghadapi tuduhan penyalahgunaan wewenang, di mana dia dituding mengunakan pengaruh politiknya untuk memuluskan bisnisnya. Hal ini memaksa James mempublikasiknya pembayaran pajak pendapatannya dan menyampaikan bantahan tegas dalam televisi NBC dan majalah Collier. Dia pun akhirnya memutuskan mundur dari jabatannya di Gedung Putih pada November 1938.

Meski karier politiknya berakhir, James tidak menyerah dan dia memutuskan pindah ke Hollywood, California. Di sana, dia menjadi produser film bersama dengan produser ternama Samuel Goldwyn. Pada 1939, dia mendirikan perusahaan film sendiri yang diberi nama ‘Globe Productions’ yang memproduksi sejumlah film-film pendek. Sebelum dilikuidasi pada tahun 1944, perusahaan film James sempat memproduksi film ‘Pot o’ Gold’ dan mendistribusikan film Inggris ‘Pastor Hall’. James meninggal dunia pada 13 Agustus 1991, dalam usia 83 tahun.

8. MALIA OBAMA

Menarik juga melihat sepak terjang putri presiden yang sedang menjabat, Malia Obama. Putri sulung Barack Obama ini baru saja berulang tahun ke-14 tahun pada 4 Juli 2012. Media mengikuti perkembangannya mulai saat dia masih bocah, saat ayahnya maju pilpres 4 tahun lalu, hingga kini dia menjelma sebagai remaja yang tingginya menyaingi ayahnya! Media melihatnya sebagai remaja yang stylish, meskipun memakai busana sederhana. Dengan postur tubuh yang jangkung dan gaya busananya, Huffington Post bahkan menyebut dia bisa menjadi First Model of United States.

Malia disebut-sebut memiliki selera seperti ibunya yaitu menyukai warna-warna cerah dan aksesoris berani.

Saat Malia berulangtahun tepat pada Hari Kemerdekaan AS, media mulai bertanya-tanya tentang kemungkinan Malia turut berkampanye dalam Pilpres 2012, mengingat usianya yang semakin menanjak. Malia dan adiknya, Sasha (11), merupakan unit paling populer di keluarga Obama. “Siapa tidak suka gadis-gadis itu?” ujar Tom Jensen, Direktur Public Policy Polling dari Demokrat.

Pemberitaan tentang Malia bersama adiknya, memang tidak terlalu banyak. Sebab orangtua mereka melindungi keduanya dari mata publik dengan alasan melindungi privacy mereka. Media juga seolah paham akan hal itu dengan hanya memberitakan saat Malia-Sasha tampil bersama orangtuanya di depan umum. Namun tetap saja ada informasi yang bocor, seperti kegandrungan Malia pada boyband Inggris, One Direction.

Namun seiring makin dekatnya Pilpres 2012, sepertinya penampilan Malia dan adiknya akan semakin sering. Sebab keharmonisan keluarga juga menjadi senjata kampanye para capres.

Soal studi, Malia duduk di kelas 9 di sekolah swasta Sidwell Friends di Washington, DC.

SUMBER : http://news.detik.com/read/2012/09/05/102354/2008339/1148/9/sepak-terjang-8-putra-putri-presiden-asnd771108bcj

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s