Dian David Michael Jacobs Raih Perunggu Tenis Meja

https://i2.wp.com/www.thejakartapost.com/files/images2/Atlet-Paralimpic-London-240812-YM-2.jpg

LONDON – Indonesia meraih medali pertama di ajang Paralimpik London, lewat petenis meja Dian David Michael Jacobs (32).

David Jacobs berhasil meraih medali perunggu setelah menundukkan lawannya dari Spanyol José Manuel Ruiz Reyes dalam pertandingan semifinal di gedung Excel, London, Minggu malam.

Atlet kelahiran Makassar 21 Juni 1977 ini mulai berkenalan dengan tenis meja sejak umur 10 tahun berhasil menundukkan pemain terbaik Eropa dengan 3-1.

Dalam pertandingan yang cukup menegangkan, David yang awalnya menempati peringkat 40 dunia kelas 10, mendapat dukungan dari sang ayah Jan Jacobs yang berusia 71 tahun dan istrinya Jeanny Palar serta kakak lelaki yang khusus datang dari Kenya.

Keberhasilan David mempersembahkan medali perunggu merupakan sejarah tersendiri bagi Indonesia, mengingat untuk pertama kalinya Indonesia berhasil meraih medali diajang pesta olahraga difabel (penyandang cacat) paling bergengsi dunia itu.

Ketua Umum Komite Paralympic Indonesia Senny Marbun mengatakan bahwa suatu kebanggaan akhirnya David berhasil mempersembahkan medali bagi Indonesia.

“Pertama kami berterima kasih kepada Tuhan yang telah mengizinkan David mendapatkan medali yang merupakan medali pertama Indonesia dalam Paralimpik,” ujar Senny usai acara pengibaran bendera.

Pertarungan tenis meja di kelas 10 ini pertandingan David sendiri cukup menegangkan, set pertama dimenangkannya 11-9, dibabak kedua Ruiz Reyes bangkit dan menang 11-7. Namun dengan ketenangan David babak ketiga dan empat diraih dengan mudah 11-5 dan 11-6.

Usai pertandingan, David tampak tidak dapat menahan haru dan bahkan sempat berlutut dan airmatanya pun menetes sambil melambaikan tangannya ke arah suporter Indonesia, yang mengibarkan bendera Merah Putih.

Sang pelatih Pribadi mengakui meskipun baru pertama kali mengikuti kejuaraan Paralimpic, David langsung memberikan yang terbaik buat bangsanya. “Paralimpik di London merupakan ajang pertama bagi David dan kita bersyukur akhirnya bisa mempersembahkan medali,” ujar Pribadi.

Sementara itu Ketua Kontingen Indonesia James Tangkudung menyampaikan terimah kasih kepada masyarakat Indonesia yang bermukim di London dan masyarakat Indonesia pada umumnya atas doa dan dukungannya. ” Ini prestasi terbaik tim paralimpic Indonesia,” ujar mantan Deputi Menteri Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Walaupun pertandingan telah berakhir, suporter Indonesia tak satu pun beranjak meninggalkan tempat duduknya menantikan upacara penyerahan medali dan pengibaran bendera merah putih yang merupakan saat saat bersejarah bagi bangsa Indonesia khususnya penghormatan bagi para penyandang cacat di Indonesia.

SUMBER : TRIBUNNEWS.com

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s