5 Logo Microsoft dari Masa Ke Masa

Logo kelima Microsoft (2012 sampai sekarang)

Perusahaan perangkat lunak (software) Microsoft memperkenalkan desain baru logo perusahaannya pada Kamis 23 Agustus 2012 lalu. Ini adalah kelima kalinya Microsoft melakukan desain ulang logo sejak perusahaan ini didirikan pada 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen.

Berikut adalah 5 logo Microsoft dari masa ke masa :

1. 1975 – 1979

Logo perdana Microsoft (1975 - 1979)

Logo pertama Microsoft terdiri atas dua baris teks, yaitu Micro di baris pertama dan Soft di baris kedua. Ini mencerminkan representasi pemikiran Bill Gates dan Paul Allen yang memberi nama asli perusahaan “Micro-Soft” yang berarti “mikrokomputer” dan “software”.

2. 1980 – 1981

Logo kedua Microsoft (1980 - 1981)

Sudut dari beberapa huruf dibuat bergerigi dengan diagonal yang kuat. Menurut Jeff Hansen, logo ini mencerminkan budaya komputer dan video game pada masa itu.

3. 1982 – 1986

Logo ketiga Microsoft (1982 - 1986)
Ini adalah logo bergaya kertas surat bergaris yang ditempatkan pada huruf “O” yang pertama. Huruf “O” menghubungkan kata Micro dan Soft. Logo ini juga disebut sebagai gaya Blibbet. Pada masa itu, kantin di kantor Microsoft terinspirasi untuk menjual burger istimewa yang diberi nama Blibbet.

4. 1986 – 2012

Logo keempat Microsoft (1987 - 2012)
Inilah logo Microsoft yang paling dikenal, karena ia dipertahankan hingga 25 tahun. Logo legendaris ini menggunakan jenis huruf bergaya tebal dan miring. Dibandingkan dengan logo sebelumnya, logo ini terkesan paling solid dan stabil.

Terlihat ada potongan kecil pada huruf “O” yang pertama, yang seperti menghubungkan kata Micro dan Soft. Huruf “F” dan “T” juga dihubungkan oleh garis horizontal.

5. 2012 – sekarang

Logo kelima Microsoft (2012 sampai sekarang)

Diumunkan pada 23 Agustus 2012, ini adalah logo pertama Microsoft yang terdiri dari dua komponen, yakni huruf cetak dan simbol. Hurufnya menggunakan jenis font Segoe, yang akan terus digunakan pada produk-produk Microsoft maupun strategi pemasaran.

Huruf “F” dan “T” pada logo ini masih terhubung oleh garis horizontal.

Simbol pada logo baru tampak terinspirasi dari sistem operasi Windows, yang merupakan produk unggulan Microsoft. Simbol Windows (jendela) terdiri dari empat kotak berwarna merah, hijau, biru, dan kuning. Menurut Hansen, simbol ini hendak mengungkapkan beragam portofolio produk Microsoft.

Logo baru sengaja dirilis pada 2012. Sebab, 2012 merupakan tahun penting bagi Microsoft, di mana mereka akan merilis versi terbaru untuk software unggulan, seperti Windows 8, Windows Phone 8, konsol game Xbox, dan software perkantoran Office.

Sumber : KOMPAS.com (Tekno)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s