Ingin Lebih Pintar? Hindari Begadang

Kebiasaan tidur larut alias begadang sebaiknya harus dihindari, terutama oleh para pelajar. Bila ingin memiliki prestasi akademik yang baik, tidur lebih cepat sangat disarankan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari University of California, Los Angeles (UCLA) diketahui para pelajar yang sering tidur larut malam memiliki skor ujian lebih rendah.

Penelitian itu melibatkan 535 pelajar dari sekolah menengah atas di Los Angeles. Selama 14 hari selama masa tiga tahun sekolah, para partisipan studi membuat catatan harian mengenai waktu yang dihabiskan untuk belajar, berapa lama mereka tidur malam, serta apakah mereka mengalami kesulitan belajar esok harinya.

Data penelitian menunjukkan, remaja yang kurang tidur bukan cuma mengalami kesulitan memahami pelajaran di kelas, tapi juga mendapat skor ujian, tes, atau nilai pekerjaan rumah lebih rendah.

Persoalannya adalah kebanyakan para pelajar tidur larut malam gara-gara belajar atau mengerjakan tugas. “Sebaiknya tidak mengorbankan waktu tidur untuk mengerjakan tugas-tugas itu karena tidak efektif, bahkan kontra produktif,” kata Andrew J.Fuligni, peneliti dan profesor psikiatri dan ilmu biobehavioral di UCLA.

Dari catatan harian yang dibuat para pelajar tersebut diketahui bahwa rata-rata mereka belajar atau mengerjakan PR satu jam lebih lama setiap malam. Tetapi hal tersebut ternyata mengurangi waktu tidur mereka dan berpengaruh pada kemampuan berpikir keesokan harinya.

“Karena ingin belajar dan mengerjakan tugas di malam hari, jam tidur mereka berkurang dan saat hal itu terjadi lebih sulit bagi mereka untuk belajar di sekolah,” kata Fuligni.

Menurut The National Sleep Foundation, remaja sebaiknya tidur 8,5 – 9,25 jam setiap malam bila ingin kemampuan berpikirnya optimal. Namun para remaja umumnya merasa jam tidur yang direkomendasi tersebut terlalu lama.

Fuligni mengatakan bahwa hasil studi ini tidak menyarankan supaya para pelajar mengurangi jam belajarnya tetapi membuat manajemen waktu yang lebih baik.

“Pelajar sebaiknya menyeimbangkan waktu belajar mereka dengan waktu istirahat. Cobalah memiliki waktu belajar rutin setiap hari sehinga tidak perlu begadang untuk mengejar ketinggalan saat akan ujian,” katanya.

Sumber : KOMPAS.com

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s