Fabrice Muamba Pensiun dari Sepakbola

Pemain Bolton Wanderers, Fabrice Muamba

BOLTON – Pemain Bolton Wanderers, Fabrice Muamba memutuskan untuk gantung sepatu. Keputusan tersebut tidak terlepas dari anjuran ahli medis yang menilai kondisi fisik Muamba tidak cukup prima untuk melanjutkan karier sepakbola.

Muamba nyaris tewas di tengah lapangan saat membela Bolton di ajang Piala FA pada Maret lalu. Pemain 24 tahun itu mengalami serangan jantung dan terkapar saat laga sedang berlangsung. Beruntung ahli medis sigap melakukan langkah pengobatan pertama.

Setelah menjalani proses pemulihan, kondisi kesehatan Muamba kembali membaik. Dia pun berharap bisa segera kembali merumput. Namun dokter berkata lain yang memintanya untuk mengutamakan jiwanya ketimbang kembali berkarier di sepakbola.

“Sejak menderita serangan jantung, saya selalu merasa yakin bisa melanjutkan karir dan kembali bermain untuk Bolton Wanderers,” ujar Muamba seperti dilansir The Sun, Rabu, 15 Agustus 2012.

Tapi ambisi Muamba harus pupus saat dirinya berkonsultasi dengan dokter jantung terkemuka di Belgia. “Anjuran yang saya terima jelas tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan. Dan saya sekarang mengumumkan pensiun dari sepakbola profesional,” ujarnya.

“Sepak bola telah menjadi kehidupan saya sejak kecil. Dan sepakbola telah memberi saya begitu banyak peluang dan kesempatan. Tapi saya harus mengutamakan kesehatan saya,”

“Walau anjuran ini terlihat sangat buruk, saya harus banyak bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan masih diberikan kesempatan menjalani hidup. Terima kasih kepada tim medis yang tidak pernah menyerah saat melakukan penyelamatan kepada saya,” tandasnya.

Pemilik Bolton Wanderers, Phil Gartside mengaku terpukul atas pengunduran diri Muamba. “Kami semua sangat kecewa karena Fabrice tidak akan dapat kembali bermain. Tetapi kami harus berpedoman pada rekomendasi medis dan kepentingan terbaik Fabrice,” ujarnya.

sumber : Vivanews

 

 

 

Leave a Reply

