MASJID TERKENAL DI SEJUMLAH NEGARA (3)

Inilah Masjid-Masjid Terkenal yang berada pada sejumlah negara di dunia. (Sebagai lanjutan dari Part sebelumnya).

MASJID NABAWI (ARAB SAUDI)

Masjid Nabawi adalah salah satu mesjid yang terletak di Kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad s.a.w dan menjadi tempat makam beliau dan para sahabatnya. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang utama bagi umat Muslim setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjidil Aqsa di Yerusalem.

Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah saw., setelah Masjid Quba yang didirikan dalam perjalanan hijrah beliau dari Mekkah ke Madinah. Masjid Nabawi dibangun sejak saat-saat pertama Rasulullah saw. tiba di Madinah, yalah di tempat unta tunggangan Nabi saw. menghentikan perjalanannya. Lokasi itu semula adalah tempat penjemuran buah kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin ‘Amr, yang kemudian dibeli oleh Rasulullah saw. untuk dibangunkan masjid dan tempat kediaman beliau.

Masjid Nabawi berkali-kali direnovasi dan diperluas. Renovasi yang pertama dilakukan oleh Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 17 H, dan yang kedua oleh Khalifah Utsman bin Affan pada tahun 29 H. Di zaman modern, Raja Abdul Aziz dari Kerajaan Saudi Arabia meluaskan masjid ini menjadi 6.024 m² pada tahun 1372 H. Perluasan ini kemudian dilanjutkan oleh penerusnya, Raja Fahd pada tahun 1414 H, sehingga luas bangunan masjidnya hampir mencapai 100.000 m², ditambah dengan lantai atas yang mencapai luas 67.000 m² dan pelataran masjid yang dapat digunakan untuk salat seluas 135.000 m². Masjid Nabawi kini dapat menampung kira-kira 535.000 jemaah.[

UMAYYAD MOSQUE (SURIAH)

Masjid Agung Umayyah (Great Mosque of Damascus), berlokasi di kota lama Damaskus, Suriah. Masjid ini adalah masjid yang terbesar dan tertua di dunia. Dan dianggap sebagai tempat suci ke empat dalam Islam. Masjid tiga menara ini  memiliki makam peninggalan suci yang diyakini sampai saat ini masih berisi kepala Nabi Yahya A.S.

Masjid yang selesai dibangun pada tahun 715 M itu dapat menampung hingga 3 ribu jamaah.

SHAH FAISAL MOSQUE (PAKISTAN)

Masjid Shah Faisal (Shah Faisal Mosque) merupakan salah satu masjid terbesar dunia yang terletak di Islamabad, ibukota Pakistan. Selesai dibangun pada tahun 1986, masjid ini didesain oleh arsitek Turki, Vedat Dalokay dengan bentuk seperti tenda gurun Badui.

Masjid dengan luas 5.000 m2 ini merupakan Masjid Nasional Pakistan. Nama masjid ini diambil dari nama Raja Faisal bin Abdul-Aziz dari Arab Saudi yang telah mendukung dan membiayai proyek pembangunan masjid ini. Proyek ini kira-kira menghabiskan anggaran hingga 120 juta U$D.

AKHMAD KADYROV MOSQUE (RUSIA)

Masjid Akhmad Kadyrov terletak di Grozny, ibukota Chechnya. Nama masjid ini diambil dari nama mendiang Presiden Chechnya dan Tokoh spiritual Chechen yang terbunuh di tahun 2004 lalu. Beliau juga merupakan ayah dari presiden Chechnya saat ini, Ramzan Kadyrov yang meresmikan Masjid Akhmad Kadyrov pada tanggal 17 Oktober 2008.

Masjid Akhmad Kadyrov dibangun berkapasitas 10 ribu jemaah di atas lahan seluas 14 hektar, lengkap dengan taman yang luas yang menjadikannya sebagai salah satu masjid terbesar di Eropa. Pembangunannya dimulai tahun 2006, dan selesai di tahun 2008 menghabiskan dana sekitar US$20 juta. Masjid Akhmad Kadirov diresmikan oleh Presiden Chechnya, Ramzan Kadyrov pada hari Jum’at tanggal 17 Oktober 2008.

HASSAN II MOSQUE (MAROKO)

Masjid Hassan II merupakan masjid yang terletak di Casablanca, kota terbesar di Maroko. Masjid yang dibangun menjorok ke samudra Atlantik ini didesain oleh arsitek berkebangsaan Perancis, Michel Pinseau.

Masjid Hassan II dibangun pada tahun 1986 hingga tahun 1993 untuk memperingati ulang tahun mendiang Raja Maroko Hassan II. Masjid berkapasitas 105 ribu jamaah ini merupakan masjid terbesar di Maroko dan terbesar ke-7 di dunia. Masjid ini memiliki menara masjid tertinggi di dunia setinggi 210 meter (689 kaki).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s