MASJID TERKENAL DI SEJUMLAH NEGARA (2)

Inilah Masjid-Masjid Terkenal yang berada pada sejumlah negara di dunia. (Sebagai lanjutan dari Part sebelumnya)

MASJIDIL HARAM (ARAB SAUDI)

Masjidil Haram (المسجد الحرام) adalah sebuah masjid di kota Mekkah, yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji seluruh umat islam. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah, yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah salat lima waktu.

Masjidil Haram saat ini berluaskan 356.800 m^2 (meter persegi) atau sekitar 88,2 hektar termasuk Ruang Ibadah terbuka dan tertutup. Pada musim atau periode (tahunan) Haji, Masjidil Haram mampu menampung empat juta jamaah dari seluruh dunia.

Imam Besar masjid ini adalah Syaikh Abdurrahman As-Sudais, seorang imam yang dikenal dalam membaca Al Qur’an dengan artikulasi yang jelas dan suara yang merdu.

GRANDE MOSQUEE de PARIS (PRANCIS)

Grande Mosquée de Paris (“Masjid Raya Paris”) adalah sebuah masjid yang terletak di arondisemen ke-5 di Ibukota Prancis, Paris. Salah satu Masjid terbesar di Prancis ini diresmikan oleh Presiden Gaston Doumergue pada tanggal 15 Juli 1926.

Masjid ini didirikan setelah Perang Dunia I sebagai tanda terima kasih Perancis kepada tirailleurs Muslim dari koloni yang turut berperang melawan pasukan Jerman. Masjid yang berarsitektur gaya mudéjar ini memiliki satu menara setinggi 33 meter. Masjid Raya Paris saat ini dipimpin oleh mufti Dalil Boubakeur, yang juga menjabat sebagai presiden Dewan Muslim Perancis yang dibentuk tahun 2002.

THE SHRINE of HAZRAT ALI (AFGHANISTAN)

The Shrine of Hazrat Ali atau yang dikenal dengan sebutan Blue Mosque (Masjid Biru), merupakan sebuah masjid yang terletak di Mazar-i-Sharif, sebuah kota besar di Afghanistan. Masjid ini didirikan pada tahun 1512 dan telah ratusan kali direnovasi.

Di kompleks masjid terdapat makam Ali bin Abi Thalib, sepupu dan juga menantu Rasulullah Nabi Muhammad Shalallaahu ‘Alaihi Wasallam. Namun menurut kepercayaan Muslim Syi’ah, makam Ali bin Abi Thalib berada di Masjid Imam Ali di Kota Najaf, Irak.

GREAT MOSQUE of XI’AN (CINA)

GREAT MOSQUE of XI’AN atau Masjid Raya Xi’an adalah sebuah masjid raya yang terletak di Huajue Lane, Kota Xi’an, Cina. Masjid tertua dan paling terkenal di Cina ini didirikan sejak tahun 742.

Masjid yang dibangun pada zaman Dinasti Ming ini merupakan salah satu tempat wisata populer di Xi’an dan sampai saat ini masih digunakan sebagai tempat ibadah para Muslim Cina (khususnya dari Suku Hui). Tidak seperti masjid di negara lainnya, Seluruh bagian masjid ini bergaya arsitektur Cina, kecuali beberapa bagian yang dihiasi Huruf Arab. Masjid ini memiliki Menara bergaya tradisional dan tidak memiliki Kubah.

SULTAN AHMED MOSQUE (TURKI)

Sultan Ahmed Mosque adalah sebuah masjid di Istanbul, kota terbesar di Turki dan merupakan ibukota Kesultanan Utsmaniyah. Masjid ini dikenal dengan nama Masjid Biru karena warna cat interiornya didominasi warna biru. Akan tetapi cat biru tersebut bukan merupakan bagian dari dekor asli masjid, maka cat tersebut dihilangkan.

Masjid ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I, yang kemudian menjadi nama masjid tersebut. Masjid ini terletak di kawasan tertua di Istanbul, di mana sebelum 1453 merupakan pusat Konstantinopel, ibukota Kekaisaran Bizantin/Bizantium. Berada di dekat situs kuno Hippodrome, serta berdekatan juga dengan apa yang dulunya bernama Gereja Kristen Kebijaksanaan Suci (Hagia Sophia) yang sekarang diubah fungsinya menjadi museum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s