Presiden Minta Kontingen RI Raih 1 Emas Plus

Kontingen Indonesia

Kontingen Indonesia Di Olimpiade London 2012.

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kepada para atlet Olimpiade Indonesia mempertahankan tradisi perolehan emas di ajang empat tahunan itu.

“Setiap Olimpiade kita selalu meraih emas, perak, perunggu atau emas plus. Mudah-mudahan para atlet bisa mempertahankan prestasi itu,” kata SBY di Istana Negara, Senin 16 Juli 2012.

Namun demikian, Presiden minta para atlet tidak terlalu terbebani target itu. Dia minta para atlet menampilkan semangat juang dan tidak gentar menghadapi atlet dari negara lain. “Sesama manusia, ada kelebihan dan kekurangan. Mereka juga berlatih,” katanya.

Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng mengatakan, bagi peraih medali, Pemerintah akan menyiapkan bonus. Peraih emas diimingi Rp1 miliar, perak Rp400 juta dan perunggu Rp250 juta. “Tidak membedakan apakah single, double, beregu,” katanya.

Disinggung soal dana yang terlambat turun, Andi membantahnya. Menurutnya, ketentuan dari Menteri Keuangan, dana baru dicairkan H-5. “Ketentuan dari menteri keuangan, turunnya H-5, walaupun akomodasi segala macam sudah dikeluarkan. Karena ada masalah-masalah seperti booking hotel kan harus jauh hari sebelumnya,” ujarnya. Menurut Andi, anggaran untuk berpartisipasi dalam pesta olahraga dunia itu mencapai Rp26,6 miliar.

Sementara itu, Chief de Mission Kontingen Indonesia, Erick Tohir menunggu Pemerintah mencairkan dana tersebut. Menurutnya, selama ini pembayaran-pembayaran keperluan kontingen itu menggunakan dana dari sponsor.

“Pemerintah menjanjikan H-5, ya kita tunggu. Tapi, dari sponsor saya rasa sudah untuk down payment. Saya rasa itu sangat menolong,” ujarnya.

Gonjang ganjing seputar pendanaan itu sempat memengaruhi atlet. Namun demikian, pihaknya telah membicarakan hal itu sehingga bisa diselesaikan.

“Saya rasa dengan gonjang ganjing yang terjadi, pasti menganggu. Tapi, saya sudah bicara dari hati ke hati dengan para atlet, mereka adalah fokusnya bertanding,” ujar Erick yang menegaskan Kontingen Merah Putih siap berangkat pada 23 Juli 2012 dengan Qatar Airlines.

sumber ; vivanews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s