Takluk 0-2 dari Swedia, Prancis tetap Lolos

Selebrasi gol Zlatan Ibrahimovic (Foto: Daylife)

KIEV – Tim Nasional Swedia berhasil memberikan kebahagiaan bagi para pendukungnya setelah menaklukan Prancis dengan skor meyakinkan 2-0, di laga terakhir grup D. Dua gol Swedia dicetak oleh Zlatan Ibrahimovic dan Sebastian Larsson, semua tercipta di babak kedua.

Kemenangan ini tidak membuat Prancis tersingkir, karena mereka tetap lolos ke perempatfinal sebagai runner up. Tim arahan Laurent Blanc ini berhasil mengumpulkan empat poin hasil sekali menang dari Ukraina dan sekali imbang dari Inggris. Di tempat lain, Inggris berhasil menaklukan Ukraina dengan skor tipis 1-0.

Empat menit pertandingan baru berjalan, Swedia langsung mengancam lewat sundulan Ola Toivonen yang memanfaatkan umpan Martin Olsson. Sayang, arah bola masih melebar dari sasaran. Prancis baru membalas di menit sembilan lewat sontekan Franck Ribery yang berhasil diblok sempurna oleh Andreas Isaakson di depan gawang Swedia.

Toivonen kembali mendapat peluang emas di menit 12. Bek Phillipe Mexes salah mengantisipasi dan bola berhasil direbut Toivonen yang langsung berlari sendiri ke kotak penalti kemudian mengecoh kiper Hugo Lloris, namun bola sepakannya mengenai tiang gawang.

Prancis mendapat peluang di menit 34. Hatem Ben Arfa melihat celah di antara lini pertahanan Swedia dan melepaskan tembakan keras, namun bola masih melayang diatas mistar gawang Isaakson.

Pada akhirnya kedua tim harus puas bermain imbang tanpa gol setelah wasit Pedro Proenca meniup peluit tanda babak pertama berakhir. Di tempat lain, Timnas Inggris juga bermain imbang tanpa gol dengan Timnas Ukraina.

Memasuki babak kedua, kedua tim masih bermain terbuka demi mengais kemenangan. Hanya saja kali ini pertahanan Swedia bermain lebih solid sehingga membuat kesulitan Prancis yang selalu gagal dalam menyerang.

Ketatnya pertahanan Swedia membuat para pemain Prancis kerap melepas tembakan spekulatif dari jarak jauh. Peluang hadir di menit 51 ketika Karim Benzema melepas tendangan keras namun arahnya masih melebar dari sasaran.

Prancis mendapat tamparan keras di menit 54. Swedia yang melakukan serangan balik sukses mencuri gol lewat tendangan voli cantik Zlatan Ibrahimovic, meski dirinya dijaga oleh Mexes. Gol ini membuat Swedia unggul 1-0 atas Prancis.

Swedia terus menekan dan mendapat peluang di menit 57 lewat Christian Wilhelmsson, namun tendangan volinya ditepis sempurna oleh Lloris. Semenit kemudian, giliran Melberg yang mengancam gawang Prancis, dan Lloris kembali menjadi penyelamat.

Ketatnya pertahanan Swedia membuat Prancis frustasi. Pada menit 84 tim berlogo ayam jantan itu mendapat peluang lewat Oliver Giroud, sayang sundulannya memanfaatkan umpan Malouda masih melebar dari sasaran.

Swedia membuat kejutan di menit 91 ketika Sebastian Larsson berhasil melepas tendangan voli keras yang tak mampu ditepis Lloris. Alhasil pertandingan ditutup dengan kemenangan 2-0 untuk kekalahan Prancis dari Swedia.

Susunan Pemain:

Swedia
: A. Isaksson, O. Mellberg, J. Olsson, Martin Olsson, A. Granqvist, K. Kallstrom, A. Svensson (Holmen/78’), E. Bajrami (Wilhelmsson/46’), O. Toivonen (Wernbloom/78’), S. Larsson, Z. Ibrahimovic.

Prancis
: H. Lloris, M. Debuchy, G. Clichy, P. Mexès, A. Rami, A. Diarra, F. Ribery, S. Nasri (Menez/77’), H. Ben Arfa (Malouda/59’), Y. M’Vila (Giroud/83’), K. Benzema.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s