Gol Rooney Bawa Inggris Singkirkan Ukraina

Wayne Rooney merayakan gol bersama John Terry. (Foto: Getty Images)

DONETSK – Inggris akhirnya memastikan diri lolos ke babak perempatfinal Euro 2012 setelah mengalahkan Ukraina 1-0, pada pertandingan penyisihan Grup D yang berlangsung di Donbass Arena, Rabu (20/6) dini hari. Satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dicetak Wayne Rooney.

Dengan kemenangan tersebut, Inggris juga berhasil memuncaki Grup D, karena, di saat yang bersamaan Prancis takluk 0-2 dari Swedia. Inggris berhasil meraup poin 7, hasil dari dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Babak I
Pada 10 menit pertama, Ukraina yang bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya langsung tampil menekan. Sementara itu, pasukan Roy Hodgson hanya sesekali melakukan penyerangan melalui sisi kanan pertahanan Ukraina.

Pada menit ke-12, Marko Devic mendapat peluang di daerah pertahanan Inggris. Sayang, bola liar yang di dapatnya persis di depan kotak penalti The Three Lions gagal dikonversi menjadi gol, karena membentur kaki Joleon Lescott.

Memasuki menit ke-17, Yevhen Konoplyanka mencoba peruntungannya dengan melakukan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola hasil tendangan kerasnya masih membentur badan dari John Terry. Gawang Joe Hart pun tetap aman.

Berawal dari kesalahan Ashley dalam memperkirakan jatuhnya bola, pada menit ke-21, bek kanan Ukraina Oleh Husyev berhasil menggiring bola mendekati kotak pinalti Inggris dan mengakhirinya dengan tembakan keras. Namun, bola masih melambung tipis di atas mistar gawang Inggris.

Pada menit ke-27, Inggris mendapat peluang emas. Ashley Young mengirim umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Ukraina dan bola berhasil disundul Wayne Rooney. Malang baginya, bola malah menyamping dari sasaran.

Dua menit kemudian, Ukraina membalas. Kali ini giliran Andriy Yarmolenko yang mendapat kesempatan melakukan tembakan dari dalam kotak pinalti. Namun, bola hasil sepakannya berhasil ditangkap oleh Hart.

Menit 41, Yarmolenko berhasil mengecoh dua pemain Inggris di dalam kotak penalti. Namun, mereka gagal melewati Lescott yang menjadi palang pintu terakhir bagi Inggris, sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap imbang 0-0.

Babak II
Saat pertandingan babak kedua baru berjalan tiga menit, Inggris membuka keunggulan melalui sundulan Rooney. Penyerang Manchester United itu berhasil memanfaatkan bola liar hasil umpan Steven Gerrard. Skor berubah, 1-0 untuk Inggris.

Setelah kebobolan, Ukraina tersengat. Mereka melancarkan serangan melalui sisi kiri pertahanan The Three Lions. Namun, sepakan Husyev masih bisa dihalau oleh Hart dan hanya membuahkan sepak pojok bagi Ukraina.

Pada menit ke-60, Ukraina nyaris menyamakan kedudukan melalui sundulan Artem Milevskiy. Sayang, bola yang berawal dari sepak pojok tersebut melambung tipis di atas gawang Hart. Namun, dalam tayangan ulang terlihat kalau Milevskiy sebenarnya berada dalam posisi offside.

Satu menit berselang, Devic yang tinggal berhadapan dengan Hart melepaskan tembakan ke gawang. Dalam tayangan ulang, terlihat bola sudah melewati garis gawang, namun, wasit dan asistennya menganggap bola belum sepenuhnya melewati garis saat dihalau pemain belakang Inggris.

Pada menit 67, peluang emas didapat Inggris. Ashley Cole menendang bola hasil kemelut di dalam kotak pinalti Ukraina. Namun, Andriy Pyatov dengan brilian mampu menghalau sepakan pemain Chelsea tersebut.

Ukraina tak henti-hentinya mengancam gawang Inggris. Pada menit ke-74, Konoplyanka nyaris menyamakan kedudukan setelah melakukan percobaan tembakan dari luar kotak pinalti. Namun bola hasil sepakan kerasnya masih bisa dihalau dengan baik oleh Hart.

Jelang berakhirnya laga, Ukraina tidak juga mengendurkan serangan ke gawang The Three Lions. Namun, serangan yang mereka lancarkan secara bertubi-tubi tidak menghasilkan apa-apa hingga peluit panjang dibunyikan. Pertandingan pun berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk kemenangan Inggris

Line-up kedua tim:
Inggris: Hart; Johnson, Terry, Lescott, Cole; Milner (Walcott/’70), Parker, Gerrard, Young; Rooney (Oxlade-Chamberlain/’87), Welbeck (Carroll/’82)

Ukraina: Pyatov; Gusev, Rakitskiy, Khatcheridi, Selin; Yarmolenko, Tymoschuk, Garmash (Nazarenko/’78), Konoplyanka; Milevsky (Butko/’77), Devic (Shevchenko/’70)

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s