Empat Cagub Laporkan Kasus DPT ke Polda Metro Jaya

JAKARTA – Tim kuasa hukum empat pasangan calon gubernur DKI Jakarta melapor ke Kepolisian Daerah Metro Jaya perihal karut marutnya penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Keempat tim hukum yang datang mewakili pasangan calon Alex Noerdin-Nono Sampono, Joko Widodo-Basuki T Purnama, Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini, dan Hendardji Supandji-Ahmad Riza Patria.

Menurut  kuasa hukum pasangan Alex-Nono, RB Bangkit, pihaknya melaporkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta (Disdukcapil) dan KPU DKI Jakarta.  “Kami melapor karena ada masalah di data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pilkada (DP4) dan DPT,” ucapnya di Mapolda, Senin 18/6/12.

Menurut dia, pihak Dukcapil bertanggung jawab dalam memberikan data DP4, sementara dari KPU DKI Jakarta berwenang dalam penetapan DPT.  “Kami temukan setidaknya ada 400 ribu data yang tidak valid,” ucap Bangkit.

Terkait kisruhnya  DPT, Bangkit meminta agar pelaksanaan Pemilukada DKI Jakarta ditunda sebulan. Pihaknya mendesak agar KPU DKI melakukan verifikasi ulang. “Kami akan class action kalau tidak ada perubahan,” terangnya.

Sementara itu, tim hukum pasangan Faisal Basri-Biem, Reindhard Parapat, mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh keempat pasangan calon ini. Namun tim hukum Faisal-Biem tidak ikut melaporkan.

“Kalau melaporkan secara hukum ada potensi Pemilukada ditunda,” kata Reinhard. Dia beralasan bila Pemilukada ditunda, tim tidak sanggup dari sisi dana. Kendati demikian timnya memiliki solusi terkait dengan kisruh DPT.

Reinhard meminta kepada KPU Jakarta agar menunda pemberi kartu pemilih kepada pemilik NIK ganda atau DPT ganda. Namun dia menilai, usulan ini perlu mendapatkan kesepakatan dari pasangan kandidat lain dan KPU Jakarta.

sumber

2 thoughts on “Empat Cagub Laporkan Kasus DPT ke Polda Metro Jaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s