Inggris Menang 3-2, Swedia Pulang Kampug

Sweden - England highlights

Back-heels Danny Welbeck (kiri) yang berbuah gol untuk Inggris menjadi 3-2.

KYIV — Swedia akhirnya menjadi tim kedua yang dipastikan pulang lebih awal dari pentas Euro 2012 ini. Swedia menyusul Irlandia yang lebih dulu mengemas koper setelah dibantai Spanyol 4-0, Jumat (15/6) dini hari.

Hasil menyedihkan ini didapat Zlatan Ibrahimovic setelah dikalahkan Inggris 3-2 Dalam Laga panas dengan drama kejar mengejar angka yang berlangsung  di Olympic Stadium, Kyiv, Ukraina, Sabtu (16/6) dini hari.

Dengan hasil ini Inggris kini berada di posisi kedua klasemen sementara grup D dengan empat poin. Sementara posisi pertama diduduki Prancis dengan poin yang sama namun selisih gol yang lebih banyak. Posisi ketiga dipegang tuan rumah Ukraina dengan tiga angka. Sementara Swedia terdampar diposisi terrendah  dengan poin kosong.  Alhasil Swedia harus pulang karena tidak mungkin melaju ke babak selanjutnya.

Kemenangan Prancis 2-0 atas tuan rumah Ukraina mewajibkan kedua kubu harus keluar sebagai pemenang atau minimal bermain imbang untuk menjaga peluang maju ke babak delapan besar.

Hasilnya dua musuh lama ini saling menyerang sejak wasit  Damir Skomina, meniup peluit babak pertama. Jual beli serangan diperagakan oleh dua skuad yang membutuhkan hasil menang ini.

Namun Inggris berhasil mencuri  gol  Gol ini lahir lewat Andy Carroll yang dipercaya sebagai starting eleven mendampingi Danny Welbeck sebagai juru gedor. Pemain jangkung asal Liverpool tersebut membawa skuad The St George Cross unggul 1-0 di menit 23. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Swedia yang tertinggal berupaya mengejar angka. Hasilnya Zlatan Ibrahimovic membuka peluang lewat tendangan bebas. Namun bola masih bisa dihalau keluar oleh pertahanan The Three Lions, Inggris. Namun sekali lagi Ibra, menendang bola menuju depan jala Joe Hart.

Olof Mallberg yang telah menunggu berhasil memanfaatkan kemelut di muka gawang Inggris sebelum menyarangkan bola di menit ke 49. Skor 1-1 membuat pendukung Swedia bersorak. Tak butuh waktu lama, tepatnya  di menit 59 Mallberg memaksa kiper Joe Hart memungut bola untuk kali kedua. Hasilnya skuad asuhan Erik Hamren ini memimpin 2-1.

Namun kemenangan itu ternyata tak berlangsung lama pasalnya penyerang Arsenal, Theo Walcott berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.  Bintang kurus ini berhasil melesakkan tendangan dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau Isaksson di menit ke 64. Inggris menjaga asa.

Tak mau kehilangan muka, Inggris meningkatkan tempo serangan. Hasilnya menit ke 78, Walcott kembali beraksi. Umpannya yang matang dituntaskan dengan back-heels Danny Welbeck menjadi sebuah gol. Inggris kini memimpin 3-2.

Swedia berusaha membalas. Beberapa peluang lahir dari skuad berkostum kuning ini. namun dewi keberuntungan tak memihak. Serangkaian peluang itu tak bisa berbuah gol. Alhasil skor 3-2 bertahan untuk kemenangan Inggris.

Susunan Pemain

Swedia: Isaksson, Mellberg, Granqvist, M. Olsson, J. Olsson, Elm, Larsson, Svensson, Källström, Ibrahimović, Elmander
Cadangan: Wiland, Hansson, Lustig, Antonsson, Safari, Wernbloom, Holmén, Bajrami, Wilhelmsson, Hysén, Toivonen, Rosenberg.

Inggris: Hart, Johnson, Cole, Terry, Lescott, Gerrard, Young, Milner, Parker, Carroll, Welbeck
Cadangan: Green, Butland, Kelly, Baines, Jones, Jagielka, Walcott, Henderson, Downing, Oxlade-Chamberlain, Defoe.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s