GRUP B : Jerman Bungkam Belanda 2-1

KHARKIV – Jerman sukses mengalahkan musuh bebuyutannya, Belanda 2-1 dalam laga Grup B di Stadion Metalist, Rabu (13/6). Kemenangan ini memang belum memastikan langkah Jerman ke delapan besar, namun peluang Der Panzer jelas paling besar di grup ini. Sementara bagi Belanda kekalahan ini membuat kans mereka lolos ke perempat final ada di ujung tanduk.

Di menit awal Belanda coba menekan. Menit ke-7 Robin van Persie (RVP) punya kans bagus untuk membawa Oranje unggul, namun tendangan volinya terlalu lemah dan dengan mudah diantisipasi Manuel Neuer.

Berselang dua menit giliran Jerman mengancam. Mezut Ozil yang terlepas dari kawalan melepaskan tembakan kearas yang mampu diselamatkan Maarten Stekelenburg.

Jerman bermain sangat disiplin dalam bertahan, hal ini membuat Belanda kesulitan membongkar pertahan. Jerman yang banyak tertekan justru lebih berbahaya melalui serangan balik.

Menit ke-24 Jerman sukses menjebol gawang Belanda. Diawali umpan matang Bastian Schweinsteiger, Mario Gomez menerima bola sembari memutar badan menghindari kawalan. Tanpa ampun Gomez merobek gawang Belanda lewat sepakan akuratnya.

Gol ini terbukti ampuh menambah kepercayaan diri pasukan Joachim Loew. Menit ke-37 Jerman nyaris menambah gol kalau saja sundulan jarak dekat Holger Badstuber gagal ditepis Stekelenburg. Namun hanya satu menit berselang Jerman akhirnya berhasil mencetak gol kedua, lagi-lagi Gomez mencatatkan namanya di papan skor.

Sekali lagi Schweinsteiger membuktikan diri sebagai gelandang jempolan. Umpan akuratanya kembali memudahkan Gomez untuk mencetak gol. Lewat sudut sempit, Gomez memperdaya Stekelenburg melalui tendangan kerasnya. 2-0 dan skor ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua Belanda langsung memasukan Klaas Jan Huntelar dan Rafael van Der Vaart untuk menambah daya gedor, akan tetapi di awal babak kedua Jerman justru jauh lebih berbahaya. Mats Hummels sempat menebar teror untuk pertahan Oranje. Sial, dua kali tendangan bek tengah Borussia Dortmund ini mampu dimentahkan Stekelenburg.

Di pertengahan bbak kedua Belanda mulai bangkit. Setelah beberapa kans sebelumnya sempat gagal, RvP akhirnya berhasil memecah kebuntuan timnya memasuki menit ke-74.

Di sisa laga Jerman bermain tenang dan coba melakukan penguasaan bola, praktis tak banyak yang bisa dilakukan Belanda di waktu tersisa. Skor 2-1 untuk Jerman tidak berubah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s