Gilas Swedia 2-1, Ukraina Pimpin Grup D

Match winner Shevchenko out on his own

Sundulan kepala Shevchenko yang saat itu membawa Ukraina imbangi Swedia 1-1.

Tuan rumah Ukraina kini memimpin perolehan skor grup D dengan torehan tiga poin. Angka ini diraih setelah pecahan Uni Soviet ini memastikan kemenangan 2-1 atas Swedia dalam laga yang berlangsung di stadion NSC Olimpiyskiy, Kota Kyiv, Ukraina, Selasa (12/6) dini hari.

Dua gol tuan rumah dicetak  bomber veteran  Andriy Shevchenko pada menit 55 dan 61. Sementara gol tunggal Swedia dicetak striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic.

Dengan kemenangan ini Ukraina memimpin grup D mengungguli tim favorit juara Inggris dan Prancis yang  harus puas berbagi angka satu sama. Sementara kekalahan ini membuat  Swedia terpuruk di dasar klasmen.

Di babak pertama, meski mendominasi  permainan  Ukraina yang berkostum kuning tidak mampu melesakkan sebiji gol pun. Sebenarnya  Shevchenko dan Veronin beberapa kali mengancam jala Isaksson. Namun dewi fortuna belum memihak anak asuh Oleh Blokhin ini.

Sementara dikubu Swedia, bomber AC Milan Zlatan Ibrahimovic tercatat mempunyai dua peluang emas yakni di menit 15 dan 37. Namun sayang kiper Pyatov, masih terlalu tangguh untuk ditaklukkan. Bahkan sundulan keras Ibra, masih dihalangi mistar gawang. Benar-benar peluang yang tertahan oleh dewi keberuntungan.

Memasuki babak kedua, dominasi tuan rumah mulai berkurang. Malah Swedia yang kini lebih banyak membangun serangan. Hasilnya langsung terlihat saat babak keda baru berjalan enam menit. Striker AC Milan, Ibrahimovic merubah tampilan  papan skor menjadi 0-1 untuk kemenangan Swedia di menit ke 52. Kontan ribuan pendukung utusan Skandinavia ini bersorak.

Namun demikian keunggulan tim tamu tak bertahan lama. Shevchenko membuktikan ketajamannya dengan melepaskan tandukan yang tak mampu dijangkau Issakson di menit 55. Gol ini berasal dari umpan Andriy Yarmolenko. Skor kembali imbang menjadi 1-1.

Gol ini melecut semangat negara pecahan Uni Soviet ini. hasilnya menit 62, Sheva—sebutan untuk Shevchenko—kembali membuktikan ketajamannya. Pria 35 tahun ini mencetak gol kedua dan membuat timnya unggul 2-1 atas Swedia. Gol kali ini tak jauh beda dengan gol pertama yang berasal lewat umpan lambung yang dituntaskan Sheva dengan tandukan. 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Dalam keadaan tertinggal, Swedia berusaha mengejar. Menit ke 77, Ibra, nyaris membobol gawang Ukraina. Namun tendangan keras penggemar olahraga Taekwondo ini masih bisa ditepis Pyatop.

Selepas peluang ini, Swedia mendapatkan beberapa kesempatan emas lainnya. Namun mereka tidak mampu mengkonversi menjadi gol. Alhasil skor 2-1 bertahan hingga wasit asl turki Cüneyt Çakır meniup peluit panjang tanda laga berakhir.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s